Tautan-tautan Akses

Swedia Tunjuk Mantan Komisaris Uni Eropa Jadi Menlu


Bà Margot Wallstrom, giới chức cấp cao Liên Hiệp Quốc nói rằng chính những kẻ hãm hiếp, chứ không phải các ký giả, mới cần phải đối mặt các cáo trạng hình sự

Bà Margot Wallstrom, giới chức cấp cao Liên Hiệp Quốc nói rằng chính những kẻ hãm hiếp, chứ không phải các ký giả, mới cần phải đối mặt các cáo trạng hình sự

Margot Wallstrom, kembali terjun ke kancah politik Swedia, setelah lebih dari satu dasawarsa memegang jabatan di arena internasional.

Mantan komisaris Uni Eropa, Margot Wallstrom, telah ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan baru pimpinan Partai Demokrat Sosial di Swedia.

Wallstrom, 60 tahun, kembali terjun ke kancah politik Swedia, setelah lebih dari satu dasawarsa memegang jabatan di arena internasional, sebagai komisaris Uni Eropa untuk masalah lingkungan dan sebagai wakil ketua blok negara-negara Eropa itu, serta utusan khusus PBB mengenai kejahatan seksual di negara-negara yang dilanda konflik.

PM Swedia Stefan Lofven juga memilih kolega-kolega dalam partainya, sewaktu mengajukan nama-nama menteri kabinetnya hari Jumat (3/10).

Magdalena Andersson ditunjuk sebagai menteri keuangan, Peter Hultqvist sebagai menteri pertahanan, dan Asa Romson, pemimpin partai “Greens” dan mitra koalisi junior, menjadi wakil perdana menteri dan menteri bagi iklim dan lingkungan.

PM Lofven memimpin sebuah pemerintahan minoritas dengan partai “Greens,” dan didukung oleh partai kecil “Partai Kiri.” Pemerintahan koalisi itu diduga akan menempuh kesulitan dalam mengajukan dan menyukseskan agenda mereka di Parlemen.

XS
SM
MD
LG