Tautan-tautan Akses

Swedia akan Paksa Kapal Selam Asing ke Permukaan


Kapal perang Swedia melakukan patroli di perairan Stockholm setelah terdeteksinya kapal selam asing di sana (19/10).

Kapal perang Swedia melakukan patroli di perairan Stockholm setelah terdeteksinya kapal selam asing di sana (19/10).

Komandan tertinggi angkatan bersenjata Swedia mengatakan siap menggunakan senjata untuk memaksa kapal selam misterius itu ke permukaan laut.

Militer Swedia mengatakan mungkin akan menggunakan kekerasan untuk memaksa kapal selam asing yang dicurigai ke permukaan laut, setelah dipotret di perairan sekitar Stockholm.

Komandan tertinggi angkatan bersenjata Swedia, Jenderal Sverker Goeranson mengatakan kepada wartawan di Stockholm hari Selasa (21/10), ia siap menggunakan “senjata kalau perlu” untuk memaksa kapal selam misterius itu ke permukaan laut.

Sejak Jumat, kapal-kapal dan helikopter Angkatan Laut serta lebih dari 200 tentara telah menyisir wilayah seluas 30 sampai 60 kilometer di lepas pantai timur Swedia setelah sebuah “benda buatan manusia “ ditemukan di perairan tersebut.

Ada spekulasi bahwa benda itu adalah kapal selam mini Rusia, tetapi pihak berwenang Swedia tidak menyebut Rusia secara terbuka.

Rusia membantah kapal selamnya ada di daerah itu, dan mengatakan hari Senin, kapal itu mungkin kapal selam Belanda, yang ikut dalam latihan militer di lepas pantai Swedia.

Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan kemudian hari Senin, bahwa kapal selamnya telah masuk dermaga di ibukota Estonia, Tallinn, setelah mengikuti latihan militer bersama Angkatan Laut Swedia.

XS
SM
MD
LG