Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Dukung Penangguhan Sanksi AS atas Burma


Aung San Suu Kyi mendukung penangguhan sanksi AS atas Burma (foto: dok).

Aung San Suu Kyi mendukung penangguhan sanksi AS atas Burma (foto: dok).

Pemimpin demokrasi Burma Aung San Suu Kyi mengatakan mendukung secara hati-hati usulan pencabutan sanksi ekonomi Amerika terhadap Burma.

Aung San Suu Kyi mengatakan dia mendukung upaya Senator Amerika John McCain untuk menangguhkan, dan bukan menghapus sanksi-sanksi tersebut.

Suu Kyi mengatakan, pencabutan sanksi itu akan mengirim pesan kuat bahwa Amerika mendukung langkah Burma menuju demokrasi, tetapi jika tidak dipertahankan mereka akan mempertimbangkan langkah-langkah lain untuk membantu rakyat Burma mencapai tujuan mereka.

Aung San Suu Kyi berkomentar demikian hari Selasa dalam tautan video secara langsung yang diselenggarakan oleh Institut Kepresidenan George W. Bush di Washington.

Menurutnya pemerintah Burma harus mengakui aspirasi semua etnis, dengan mengatakan gencatan senjata hanya suatu permulaan dan bukan pengganti bagi penyelesaian politik.

Aung San Suu Kyi juga mengatakan ia tidak melihat partainya akan mendesak segera amandemen undang-undang dasar karena 25 anggota Majelis Nasional adalah anggota militer yang tidak dipilih melalui Pemilu.
XS
SM
MD
LG