Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Terpilih sebagai Ketua Dewan Eksekutif Partai NLD


Aung San Suu Kyi memberikan pidato dakan kongres partai Liga Nasional Bagi Demokrasi atau NLD di Yangon (10/3).

Aung San Suu Kyi memberikan pidato dakan kongres partai Liga Nasional Bagi Demokrasi atau NLD di Yangon (10/3).

Partai Liga Nasional bagi Demokrasi atau NLD mengadakan kongres di Yangon, dalam rangka menyiapkan diri untuk pemilihan umum yang akan diadakan tahun 2015.

Tokoh oposisi Burma Aung San Suu Kyi terpilih sebagai ketua Dewan Eksekutif baru Liga Nasional Bagi Demokrasi atau NLD, dalam sidang partai pertama yang diadakan setelah ia dibebaskan dari tahanan rumah selama belasan tahun.

Ratusan delegasi yang datang dari seluruh Burma hari Minggu memilih mantan tahanan politik Burma itu sebagai ketua sentral komite partainya. Kongres partai yang berlangsung tiga hari itu adalah yang pertama dalam 25 tahun.

Kemarin, pemenang hadiah Nobel perdamaian itu mendesak para delegasi untuk memilih pemimpin baru yang lebih cocok untuk masa kini. Kata para analis, partai NLD terpecah karena adanya kelompok pemimpin partai yang sudah berusia 80 dan 90-an dan sakit-sakitan, tapi tidak mau menyerahkan pimpinan kepada tokoh-tokoh partai yang lebih muda.

Empat orang dari kelompok pemimpin partai NLD yang sudah berusia lanjut itu dilarang menghadiri Kongres karena dituduh berusaha mempengaruhi pemilihan pemimpin partai.

Liga Nasional bagi Demokrasi sedang menyiapkan diri untuk pemilihan umum yang akan diadakan tahun 2015.
XS
SM
MD
LG