Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Daftarkan Partainya dan Kunjungi Parlemen Burma


Pemimpin demokrasi Burma Aung San Suu Kyi (kiri) bertemu Ketua Parlemen Burma, Shwe Man dalam kunjungan Suu Kyi ke ibukota Naypyitaw (23/12).

Pemimpin demokrasi Burma Aung San Suu Kyi (kiri) bertemu Ketua Parlemen Burma, Shwe Man dalam kunjungan Suu Kyi ke ibukota Naypyitaw (23/12).

Pemimpin demokrasi Burma Aung San Suu Kyi secara resmi mendaftarkan partainya Liga Nasional untuk Demokrasi sebagai partai politik, hari Jumat (23/12).

Pendaftaran partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi sebagai partai politik hari Jumat itu akan membuka jalan baginya untuk mencalonkan diri sebagai anggota parlemen dalam pemilu mendatang.

Pejabat-pejabat partai mengatakan mereka akan mencalonkan diri dalam serangkaian pemilu mendatang jika pendaftaran disetujui secara resmi, diperkirakan dalam satu minggu ini. Aung San Suu Kyi belum mengumumkan daerah mana yang hendak diwakilinya sebagai calon anggota parlemen.

Pemenang hadiah Nobel perdamaian itu juga mengunjungi parlemen untuk pertama kalinya sejak ia dibebaskan dari tahanan rumah akhir tahun lalu. Ia bertemu dengan Shwe Mann, tokoh senior pemerintah yang didukung militer dan junta militer yang lama berkuasa sebelumnya.

NLD dicabut statusnya sebagai partai tahun lalu karena menolak berpartisipasi dalam pemilu nasional yang kontroversial sewaktu Aung San Suu Kyi tidak diijinkan untuk mencalonkan diri.

Pemilu itu menghasilkan pemerintahan baru yang biarpun masih didominasi oleh militer dulu dan sekarang telah menerapkan serangkaian reformasi termasuk pelonggaran berbagai larangan pers dan memulai dialog dengan pengecamnya.

XS
SM
MD
LG