Tautan-tautan Akses

Sutradara Ken Loach Raih Penghargaan Tertinggi Cannes


Sutradara Inggris Ken Loach memenangkan Palem Emas – penghargaan tertinggi Festival Film Cannes di Perancis, hari Minggu (22/5).

Sutradara Inggris Ken Loach memenangkan Palem Emas – penghargaan tertinggi Festival Film Cannes di Perancis, hari Minggu (22/5).

Sutradara Inggris Ken Loach hari Minggu (22/5) memenangkan Palem Emas – penghargaan tertinggi Festival Film Cannes, perhelatan sinema paling bergengsi di dunia.

Ken Loach menang atas karya terbarunya -- I, Daniel Blake – drama komedi mengenai seorang laki-laki difabel yang tidak lagi bisa bekerja dan merasa frustasi. Dia berjuang melalui birokrasi pemerintah yang berbelit-belit untuk mendapatkan tunjangan disabilitas.

Selain mengangkat soal birokrasi, Loach mengatakan filmnya juga menyoroti cara para pejabat Eropa menangani warga pengangguran.

"Ada anggapan yang menyedihkan mengenai kehidupan. Orang-orang miskin diberitahu bahwa kemiskinan mereka disebabkan kesalahan mereka sendiri.”

Ini adalah Palem Emas kedua bagi Loach. Pada tahun 2006 dia pernah memenangkan penghargaan itu lewat drama perang Irlandia berjudul The Wind that Shakes the Barley.

Pemenang Cannes lain tahun ini termasuk Xavier Dolan dari Kanada lewat It's Only the End of the World -- drama mengenai pertengkaran keluarga. Dia meraih Grand Prix, penghargaan kedua di bawah Palem Emas.

Dua sineas mendapatkan penghargaan Sutradara Terbaik -- Olivier Assayas dari Prancis lewat film mencekam Personal Shopper, dan Christian Mungui dari Romania lewat Graduation, drama mengenai korupsi dalam masyarakat pasca kekuasaan komunis.

Drama Iran mengenai seorang perempuan yang diserang di rumahnya sendiri, The Salesman, memperoleh dua penghargaan -- Asghar Farhadi sebagai Penulis Skenario Terbaik dan Shahab Hosseini sebagai Aktor Terbaik.

Aktris Terbaik direbut oleh Jaclyn Jose dari Filipina lewat Ma Rosa, kisah tentang seorang perempuan yang bergelut dengan narkoba demi bertahan hidup. [vm]

XS
SM
MD
LG