Tautan-tautan Akses

Sutradara Garry Marshall Tutup Usia

  • Associated Press

Sutradara dan penulis naskah Garry Marshall dalam sebuah acara penghargaan televisi di Santa Monica, California, April 2016.

Sutradara dan penulis naskah Garry Marshall dalam sebuah acara penghargaan televisi di Santa Monica, California, April 2016.

Marshall melambungkan nama Julia Roberts dan Richard Gere dalam "Pretty Woman" dan "Runaway Bride."

Sutradara dan penulis naskah Garry Marshall, yang keandalannya dalam meramu komedi dan kisah cinta telah menghasilkan serial TV populer seperti "Happy Days" dan "Laverne & Shirley" dan film-film box office "Pretty Woman" dan "Runaway Bride," telah meninggal dunia. Ia berusia 81 tahun.

Marshall tutup usia hari Selasa (19/7) di sebuah rumah sakit di Burbank, California, akibat komplikasi dari pneumonia setelah mengalami stroke, menurut publisisnya Michelle Bega dalam pernyataan tertulis.

Sutradara itu juga sering muncul sebagai aktor, menggunakan aksen New York-nya dalam beragam peran pembantu, termasuk sebagai boss kasino dalam "Lost in America" dan eksekutif televisi dalam "Soapdish."

Henry Winkler, yang berperan sebagai Fonzie dalam "Happy Days," mengenang Marshall di Twitter sebagai orang dengan "kepribadian yang menonjol, sangat lucu, bijak dan merupakan sahabat yang baik."

Marshall, abang dari sutradara dan aktris Penny Marshall, mendapat gelar jurnalistik dari Northwestern University dan sempat bekerja di New York Daily News.

Ia memulai karirnya di dunia hiburan tahun 1960an dengan menjual lelucon kepada komedian, sebelum kemudian menulis sketsa untuk acara bincang-bincang "The Tonight Show" dan acara komedi "The Joey Bishop Show."

Ia beralih menjadi penulis film komedi situasi, termasuk untuk serial-serial paling populer tahun 1960an yaitu "The Lucy Show," ''The Danny Thomas Show" dan "The Dick Van Dyke Show."

Tahun 1979, Marshall memiliki tiga dari lima serial komedi teratas di televisi, yakni "Happy Days," yang ditayangkan dari 1974-84; "Laverne & Shirley" (1976-83), yang dibintangi Penny Marshall dan Cindy Williams, serta "Mork and Mindy" (1978-82) dengan pendatang baru Robin Williams.

Penny Marshall mengatakan kepada The New York Times tahun 2001 bahwa abangnya "punya kehidupan. Ia tidak tertarik dengan gemerlap dunia bisnis pertunjukan."

Setelah menghasilkan sekitar 1.000 episode komedi situasi, ia beralih ke layar lebar dengan menulis dan menyutradarai "The Flamingo Kid" (1984).Ia kemudian berkonsentrasi pada penyutradaraan dalam film-filmnya, termasuk "Nothing in Common" (1986) dengan Tom Hanks dan Jackie Gleason; "Overboard" (1987) yang dibintangi Goldie Hawn dan Kurt Russell; "Beaches" (1988) dengan Bette Midler dan Barbara Hershey; "Pretty Woman" (1990) dengan Julia Roberts dan Richard Gere serta "Dear God" (1996) dengan John Denver dan George Burns.

Marshall meninggalkan satu istri dan tiga anak. [hd]

XS
SM
MD
LG