Tautan-tautan Akses

AS

Susan Rice Mundur dari Pencalonan Menlu AS


Dubes AS untuk PBB, Susan Rice telah meminta Presiden Obama untuk menarik namanya dari pencalonan sebagai Menteri Luar Negeri AS, menggantikan Hillary Clinton (Foto: dok).

Dubes AS untuk PBB, Susan Rice telah meminta Presiden Obama untuk menarik namanya dari pencalonan sebagai Menteri Luar Negeri AS, menggantikan Hillary Clinton (Foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice telah meminta Presiden Barack Obama untuk menarik namanya dari daftar calon Menteri Luar Negeri AS untuk menggantikan Hillary Clinton.

Presiden Barack Obama mengabulkan permintaan Rice untuk menarik namanya dari pencalonan pengganti Hillary Clinton sebagai Menteri Luar Negeri AS mendatang, Kamis (13/12). Menurut Presiden Obama, Rice akan terus menjabat sebagai duta besar Amerika untuk PBB dan sebagai anggota kunci kabinetnya.

Rice dalam suratnya kepada Presiden Obama menyatakan bahwa ia merasa sangat terhormat untuk dipertimbangkan menjadi Menlu, namun posisi tersebut seharusnya tidak dipolitisasi seperti yang telah terjadi.

Rice telah menjadi salah satu yang akan dipertimbangkan untuk posisi itu hingga saat ia menghadapi serentetan kritik terkait interpretasinya mengenai serangan 11 September terhadap misi Amerika di kota Benghazi Libya. Duta Besar Christopher Stevens adalah di antara empat warga Amerika yang tewas dalam serangan itu.

Fraksi Republik di Kongres menuduh Rice salah menafsirkan informasi intelijen tentang siapa yang mengatur serangan itu ketika ia mengatakan kekerasan itu terjadi secara spontan dari protes terhadap film amatir buatan Amerika yang mengolok-olok Islam.

Senator John McCain, salah seorang yang paling keras, menyatakan bahwa ada bukti kuat bahwa insiden tersebut merupakan serangan teroris. McCain menuduhnya tidak mampu dan mengatakan dia akan melakukan segala daya untuk memblokir nominasi Rice menjadi menteri luar negeri.

Komunitas intelijen kemudian mengukuhkan bahwa serangan terhadap misi Amerika di Benghazi direncanakan oleh teroris dan sebagian laporan mengatakan bahwa kelompok Islamis yang disebut Ansar al-Syariah telah mengaku bertanggung jawab.

Rice kemudian mengatakan keterangan yang diberikannya mengenai serangan itu adalah berdasarkan informasi dari komunitas intelijen.
XS
SM
MD
LG