Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tunjuk Dubes PBB Susan Rice sebagai Penasihat Keamanan


Duta Besar Amerika untuk PBB, Susan Rice akan menggantikan Tom Donilon sebagai penasihat keamamanan Gedung Putih (Foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk PBB, Susan Rice akan menggantikan Tom Donilon sebagai penasihat keamamanan Gedung Putih (Foto: dok).

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Tom Donilon, mundur dari jabatannya dan akan digantikan oleh Duta Besar Amerika untuk PBB, Susan Rice.

Presiden Barack Obama telah memilih Duta Besar Amerika Untuk PBB Susan Rice menjadi penasihat keamanan nasional yang baru.

Berbicara di Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan Susan Rice adalah seorang patriot yang “berani” dan “tangguh” yang memahami bahwa tidak ada pengganti bagi kepemimpinan Amerika. Obama menambahkan Rice sadar bahwa Amerika harus menggunakan kekuatannya secara bijaksana.

Susan Rice dikritik faksi Republik di Kongres sebagai bagian dari penyelidikan terhadap serangan mematikan atas kompleks Amerika di Benghazi – Libya. Dalam wawancara televisi Rice mengatakan serangan itu spontan, yang terbukti tidak benar.

Susan Rice tadinya dipertimbangkan untuk menggantikan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri, tetapi hal itu dibatalkan karena kecaman faksi Republik. Jabatan penasihat keamanan nasional tidak mengharuskan konfirmasi Senat.

Susan Rice menggantikan Tom Donilon yang meninggalkan jabatannya awal Juli nanti. Tom Donilon adalah penasihat utama kebijakan luar negeri bagi Presiden Obama sejak ia dilantik.

Rice dipertimbangkan untuk menggantikan Hillary Clinton sebagai Menteri Luar Negeri, tetapi hal ini dibatalkan setelah mendapat kecaman dari faksi Republik.

Posisi penasihat keamanan nasional tidak membutuhkan konfirmasi Senat. Para pejabat mengatakan mantan wartawan dan penasihat Obama, Samantha Power, akan dinominasikan untuk menggantikan Susan Rice sebagai Dubes Amerika di PBB.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG