Tautan-tautan Akses

AS

Survei: Teknologi Bantu Komunikasi Orangtua dan Anak di AS


Salah satu hal yang memudahkan komunikasi setiap hari antara orangtua dan anak-anak yang telah dewasa adalah teknologi. (Foto: Dok)

Salah satu hal yang memudahkan komunikasi setiap hari antara orangtua dan anak-anak yang telah dewasa adalah teknologi. (Foto: Dok)

Semakin banyak orangtua dan anak-anak yang telah tumbuh dewasa saling berhubungan melalui telepon dan SMS.

Sebuah survei baru di AS mengenai anak-anak remaja yang menjalani masa transisi menjadi dewasa, menunjukkan bahwa sekarang ini lebih banyak orangtua dan anak-anak mereka yang telah tumbuh dewasa saling berhubungan tiap hari melalui telepon dan pesan singkat (SMS) dibanding sebelumnya.

Di antara 1.000 pemuda-pemudi dewasa antara usia 18 dan 29 tahun, 55 persennya mengatakan saling berhubungan setiap hari dengan orangtua melalui telepon dan SMS, ujar James Arnett, guru besar psikologi di Clark University, Massachusetts.

“Itu luar biasa. Dibanding dengan ketika Anda dan saya masih anak-anak, itu merupakan revolusi,” ujarnya.

Arnett, yang mengadakan jajak pendapat tahun lalu mengenai orangtua dan anak-anak mereka yang memasuki masa dewasa dari semua latar belakang sosial, ekonomi, dan etnis, mengatakan menjadi dewasa dalam lingkungan dan keadaan ekonomi sekarang penuh dengan berbagai keprihatinan ketika anak-anak remaja memasuki usia dewasa. Situasi ini membuat lebih sulit bagi para orangtua untuk melepaskan mereka ke dunia dewasa.

Kata Arnett, tali hubungan dengan anak-anak yang meningkat dewasa itu justru semakin kuat dibandingkan dengan yang dialami para orangtua mereka dulu.
Arnett mengatakan banyak orangtua merasa anak-anak mereka lebih lambat mencapai tingkat kedewasaan yang wajar.

“Mereka menilai anak-anak mereka berdasarkan pada pengalaman mereka. Anak-anak mereka pada umumnya memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pendidikan mereka, lebih lama untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil, lebih lambat untuk menikah, dan mempunyai anak pertama. Jadi, menurut para orangtua, proses pendewasaan anak-anak sekarang lebih lambat dari dulu,” ujar Arnett.

Salah satu hal yang memudahkan komunikasi setiap hari antara orangtua dan anak-anak yang telah dewasa, menurut Arnett, adalah teknologi.

Miliaran orang di seluruh dunia sekarang memiliki dan menggunakan ponsel untuk berbicara langsung atau melalui SMS.
XS
SM
MD
LG