Tautan-tautan Akses

AS

Survei: Rakyat AS Tidak Puas pada Kebuntuan Politik di Negara Itu

  • Jim Malone

Senator Olympia Snowe dari Partai Republik tersenyum setelah menyampaikan pidato penguduran dirinya di Capitol Hill di Washington, (13/12/2012).

Senator Olympia Snowe dari Partai Republik tersenyum setelah menyampaikan pidato penguduran dirinya di Capitol Hill di Washington, (13/12/2012).

Sejumlah jajak pendapat publik akhir-akhir ini menunjukkan rakyat Amerika lebih frustrasi dibandingkan kapanpun terhadap kebuntuan dan disfungsi di Washington yang diakibatkan oleh ketidakharmonisan dua partai utama di AS.

Tidak ada solusi mudah untuk masalah kebuntuan politik tersebut, tetapi sekelompok mantan politisi terkemuka baru-baru ini mengadakan pertemuan untuk membahas sejumlah cara praktis dimana para politisi Amerika bisa bekerjasama lebih baik dan lebih efektif.

Akhir tahun lalu, survei CNN-ORC menunjukkan 83 persen responden Amerika tidak puas dengan pemerintahan Amerika. Hasil jajak pendapat semacam itulah yang membuat sekelompok politisi terkemuka dari kedua partai politik utama bertemu dalam sebuah diskusi, termasuk mantan ketua di Kongres, sekretaris kabinet dan kepala staf Gedung Putih.

Mereka umumnya sependapat mengenai penyebab kebuntuan politik saat ini di Washington. Partai Demokrat menguasai Gedung Putih dan Senat, sementara Partai Republik memiliki mayoritas di DPR sehingga terjadi kebuntuan dan kemandegan yang terus-menerus dalam isu-isu besar.

Situasi ini sangat membuat frustrasi, bahkan beberapa anggota Kongres ingin berhenti. Senator Olympia Snowe dari Partai Republik memutuskan tidak akan mencalonkan diri lagi tahun 2012 karena ia lelah dengan kebuntuan partisan itu.

Semua ini terkait dengan pemilu mendatang, bukan apa yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan kebijakan terbaik guna menyelesaikan masalah. Kongres tidak lagi bekerja untuk menyelesaikan masalah, tetapi hanya untuk meraih keuntungan politis,” kata Snowe.

Banyak pengamat politik Washington mengatakan para anggota Kongres sebelumnya sering saling bersosialisasi dan berhubungan dengan presiden, yang akan menggunakan acara-acara sosial dan pertemuan pribadi untuk mencari kompromi dalam isu-isu besar.

Trent Lott dari Partai Republik adalah mantan ketua mayoritas di Senat Amerika hampir sepanjang pemerintahan Presiden Bill Clinton, dan ia ingat ada cukup banyak persaingan politik. Tetapi Lott mengatakan para politisi saat ini lebih keras kepala dan enggan untuk melakukan kompromi, yang merugikan negara.

Untuk sepenuhnya merombak disfungsi di Washington, rakyat Amerika harus lebih terlibat dalam pemilu dan proses politik, menurut mantan anggota Kongres Henry Bonilla dari Partai Republik.

“Rakyat Amerika yang memilih wakil-wakil itu. Sayangnya, mereka mencerminkan sikap Amerika saat ini. Amerika harus melakukan refleksi diri, bagaimana kondisi di akar rumput ikut menciptakan situasi di Washington, dan ikut memperbaikinya,” kata Bonilla.

Diskusi politik itu diselenggarakan LSM Bipartisan Policy Center dan suratkabar USA Today, dan berlangsung di perpustakaan John F. Kennedy di kota Boston.
XS
SM
MD
LG