Tautan-tautan Akses

Suriah Tahan 20 Aktivis Oposisi dalam Penggerebekan Dini Hari


Pasukan Suriah melakukan penjagaan keamanan di lapangan Sheikh Daher di Latakia, Suriah barat.
Pasukan Suriah melakukan penjagaan keamanan di lapangan Sheikh Daher di Latakia, Suriah barat.

Pasukan keamanan Suriah melakukan penangkapan di Daraa, Suriah selatan, yang dikenal sebagai pusat demonstrasi oposisi, Sabtu dini hari.

Aktivis Suriah mengatakan pasukan keamanan telah menahan 20 orang dalam penggerebekan dini hari Sabtu, sehari setelah ribuan orang melancarkan rapat-rapat umum anti pemerintah di seluruh Suriah.

Aktivis mengatakan, pasukan keamanan melakukan penangkapan di Daraa, sebuah kota di Suriah selatan, yang dikenal sebagai pusat demonstrasi oposisi dalam beberapa minggu terakhir. Aktivis kepada kantor berita AP mengatakan pasukan keamanan juga melakukan penangkapan di dan sekitar Damaskus, ibukota Suriah, hari Sabtu pagi.

Penggerebekan oleh pasukan keamanan terhadap demonstrasi hari Jumat menewaskan sedikitnya tujuh orang. Saksi mata mengatakan, pasukan pemerintah menggunakan tembakan senjata, gas airmata dan pentungan untuk memukul mundur pemrotes.

Sebelum bentrokan hari Jumat itu, Human Rights Watch memperkirakan 61 orang tewas dalam bentrokan sejak gejolak dimulai. Kematian yang terbaru itu meningkatkan jumlah yang tewas menjadi sedikitnya 68 orang.

Rapat-rapat umum pihak oposisi merupakan ancaman serius bagi 11 tahun pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan kekuasaan keluarganya yang sudah berlangsung lama.

XS
SM
MD
LG