Tautan-tautan Akses

Suriah: PM Turki Seberangi Perbatasan Tanpa Izin


Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu (Foto: dok).

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu (Foto: dok).

Suriah pernah mengeluh bulan Februari ketika pasukan Turki melakukan operasi untuk memindahkan makam itu dari satu daerah yang dikuasai militan ISIS ke tempatnya yang sekarang.

Suriah mengatakan Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu melakukan tindak agresi terang-terangan hari Minggu dengan menyeberangi perbatasan tanpa izin Suriah untuk ziarah ke makam bersejarah.

Kantor berita pemerintah SANA mengatakan Davutoglu melakukan “pelanggaran serius hukum dan perjanjian internasional” ketika ia pergi ke makam Suleyman Shah, nenek pendiri kekaisaran Usmaniyah. Letaknya di daerah Ashma, Suriah, kira-kira 250 meter dari perbatasan.

SANA lebih jauh menyebut kunjungan itu tindak publisitas menjelang pemilu dalam waktu dekat.

Suriah pernah mengeluh bulan Februari ketika pasukan Turki melakukan operasi untuk memindahkan makam itu dari satu daerah yang dikuasai militan ISIS ke tempatnya yang sekarang. Makam itu sudah pernah dipindahkan satu kali sebelumnya, dalam tahun 1970-an, karena banjir ketika sungai Efrat dibendung.

Turki dan Suriah mempunyai hubungan yang tegang selama perang saudara empat tahun Suriah, dimana Turki mendukung pemberontak yang menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad. Para pejabat Suriah menuduh Turki mendukung “teroris,” kata yang selalu mereka gunakan untuk menyebut semua laskar anti-pemerintah.

XS
SM
MD
LG