Tautan-tautan Akses

Suriah Penerima Terbesar Pengiriman Senjata Iran


Tumpukan peti kemas yang kosong dan tidak digunakan milik Iran (IRISL Group) terlihat di Malta Freeport, Valetta (Foto: dok).

Tumpukan peti kemas yang kosong dan tidak digunakan milik Iran (IRISL Group) terlihat di Malta Freeport, Valetta (Foto: dok).

Dewan pemantau sanksi PBB mengungkapkan Suriah menjadi daerah tujuan utama dua dari tiga kasus pengiriman gelap senjata Iran tahun ini.

Dewan pakar yang memantau sanksi PBB terhadap Iran mengatakan Suriah terus sebagai tujuan utama pengiriman senjata Iran, yang melanggar larangan Dewan Keamanan PBB atas ekspor senjata oleh Teheran.

Hasil penyelidikan baru itu mengatakan dewan pakar menyelidiki tiga pengiriman gelap dalam jumlah besar senjata Iran dalam satu tahun ini.

Reuters mengutip laporan rahasia mengungkapkan dua dari kasus pengiriman ini melibatkan Suriah sebagai pihak utama pengalihan senjata gelap Iran. Sebagian besar kasus ini diperiksa oleh dewan pakar pada masa mandat sebelumnya.

Pengiriman ke-3 berupa roket-roket yang dikatakan Inggris tahun lalu ditujukan kepada militan Taliban di Afghanistan.

Seorang diplomat Dewan Keamanan mengatakan dalam laporan itu juga menyebut usaha Iran menghindarkan sanksi dengan mengubah nama-nama kapal untuk mengaburkan identitasnya dan menggunakan perusahaan-perusahaan perantara untuk memperoleh barang-barang yang terlarang.
XS
SM
MD
LG