Tautan-tautan Akses

Suriah, OPCW akan Bahas Lokasi Pemusnahan Senjata Kimia


Para inspektur senjata kimia Suriah mengambil beberapa sampel untuk dikirim ke Den Haag (foto: dok).

Para inspektur senjata kimia Suriah mengambil beberapa sampel untuk dikirim ke Den Haag (foto: dok).

Suriah dan utusan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) minggu ini akan menentukan di mana pemusnahan itu akan dilakukan.

Diplomat PBB yang bertugas mengkoordinasi pemusnahan senjata kimia Suriah mengatakan ia berharap akan tahu bulan ini di mana persenjataan senjata itu akan dimusnahkan.

Berbicara hari Selasa di New York, Sigrid Kaag – utusan dari Belanda – mengatakan pertemuan di Den Haag minggu ini yang melibatkan pihak berwenang Suriah dan utusan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) akan menentukan di mana pemusnahan itu akan terjadi. Ia mengatakan keputusan akan dicapai sebelum 15 November.

Sementara itu di Jenewa, utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi mengatakan kepada para wartawan ia berharap perundingan damai antara pemerintah Suriah dan pemberontak yang ingin menjatuhkannya akan berlangsung sebelum akhir tahun.

Pemberontakan 31 bulan di Suriah diawali apa yang disebut rangkaian demonstrasi Kebangkitan Arab awal 2011, yang berubah menjadi perang saudara. Lebih dari 120.000 orang tewas dalam pergolakan itu dan jutaan lainnya telah mengungsi.
XS
SM
MD
LG