Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Gempur Wilayah Pemberontak di Damaskus


Tentara pemberontak Suriah mengambil posisi dalam pertempuran di pinggiran ibukota Damaskus (31/3).

Tentara pemberontak Suriah mengambil posisi dalam pertempuran di pinggiran ibukota Damaskus (31/3).

Pesawat-pesawat tempur dan tembakan artileri pasukan Suriah menggempur wilayah Damaskus yang dikuasai pemberontak dan daerah pinggirannya hari Selasa (2/4).

Pemberontak Suriah di kota Aleppo, di bagian utara, meluncurkan operasi yang bertujuan untuk membebaskan ratusan tahanan politik dari penjara pusat di kota itu.

Pertempuran meningkat di seantero Suriah dalam beberapa pekan belakangan, khususnya di Aleppo dan Damaskus, kota-kota terbesar di negara itu. Pemberontak dan pasukan Presiden Bashar al-Assad berusaha merebut posisi lebih unggul dalam konflik yang telah berlangsung dua tahun.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris menyatakan sekitar 6.000 orang tewas di Suriah pada Maret saja, yang membuatnya menjadi bulan dengan korban tewas terbanyak sejak pemberontakan menentang Assad dimulai.

Ibukota Damaskus, yang telah lama dipertahankan oleh pemerintah agar tidak terimbas kekerasan paling buruk, telah menjadi medan tempur penting dalam perang saudara di Suriah.

Dari kubu pertahanan mereka di pinggiran kota, pemberontak berusaha perlahan-lahan mendesak ke jantung ibukota, di mana Assad mengerahkan tentaranya yang paling setia dan memiliki persenjataan paling lengkap.

Sementara itu, kantor berita SANA menyatakan, dalam upaya mengatasi kejahatan yang kian meningkat dan penculikan untuk meminta tebusan akibat perang saudara, Assad mengeluarkan dekrit hari Selasa. Berdasarkan dekrit itu, orang yang melakukan penculikan karena alasan politis atau sektarian akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dengan kerja keras.
XS
SM
MD
LG