Tautan-tautan Akses

Suriah dan Korea Utara, Pokok Pembicaraan G8


Para Menteri Luar Negeri G8 berpose di Lancaster House, London (11/4).

Para Menteri Luar Negeri G8 berpose di Lancaster House, London (11/4).

Para menteri luar negeri G8 diperkirakan akan memusatkan perhatian pada krisis di Suriah dan perkembangan di Korea Utara selagi mereka berkumpul untuk mengadakan pembicaraan di London, Kamis (11/4).

Para menteri luar negeri G8 bertemu dalam jamuan makan malam hari Rabu (10/4) dan mengadakan beberapa pertemuan terpisah. Sebagian diantaranya ikut berpartisipasi dalam pembicaraan dengan para pejabat oposisi Suriah.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mendengarkan permohonan oposisi terkait bantuan militer lebih banyak, namun seorang pejabat Amerika mengatakan mereka “tidak menjanjikan apapun.” Kerry dan Hague dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Sahabat Suriah bulan ini di Istanbul untuk membicarakan isu tersebut lebih lanjut.

Inggris dan Perancis telah berusaha mengubah atau mencabut embargo senjata Uni Eropa terhadap Suriah untuk mendukung pemberontak. Rusia dan Jerman menentang dukungan itu, dengan mengatakan tindakan tersebut memungkinkan senjata jatuh ke tangan militan Islamis dan mengobarkan konflik regional.
XS
SM
MD
LG