Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Suriah Membelot ke Pihak Oposisi


Wakil PM Omar Ghalawanji diangkat sebagai Perdana Menteri baru Suriah menggantikan Riad Hijab yang membelot (foto: dok).

Wakil PM Omar Ghalawanji diangkat sebagai Perdana Menteri baru Suriah menggantikan Riad Hijab yang membelot (foto: dok).

PM Suriah Riad Hijab membelot bergabung dengan kelompok oposisi, dan wakil PM Omar Ghalawanji ditunjuk sebagai Perdana Menteri baru hari Senin (6/8).

Perdana Menteri Suriah telah membelot, dua bulan setelah menduduki jabatannya. Ia mengatakan bergabung dengan kelompok oposisi yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan pembelotan perdana menteri Suriah menunjukkan bahwa pemerintahan Presiden Bashar al-Assad sudah mulai runtuh.

Wakil jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Patrick Ventrell hari Senin menyambut baik pembelotan Riad Hijab, hanya dua bulan setelah memangku jabatan perdana menteri.

Dalam pernyataan yang dibacakan atas namanya di televisi Al Jazeera¬ł Senin, Riad Hijab mengatakan ia meninggalkan apa yang disebutnya rezim pembunuh dan teroris. Menurut pernyataan itu, ia dan keluarganya berada di tempat aman. Para pejabat Yordania mengatakan Hijab telah membelot ke negara itu.

Televisi pemerintah Suriah menyatakan Hijab dipecat dan digantikan wakilnya, Omar Ghalawanji.

Berita ini muncul beberapa jam setelah media pemerintah menyatakan sebuah bom meledak di gedung televisi pemerintah di Damaskus, sehingga melukai beberapa orang. Stasiun televisi tersebut tetap mengudara setelah ledakan yang menghancurkan lantai tiga gedung itu.

Sebuah stasiun televisi swasta yang pro-pemerintah, yang juga dilanda serangan maut Juni lalu, menayangkan gambar-gambar dinding gedung yang rusak, kabel-kabel bergelantungan dari langit-langit yang runtuh dan orang-orang berjalan melalui lorong yang penuh asap.

Para aktivis oposisi Suriah melaporkan berlanjutnya serangan-serangan oleh pasukan pemerintah di kota Aleppo, Suriah Utara, hari Senin.

Syrian Observatory for Human Rights menyatakan militer menggempur beberapa distrik permukiman di Aleppo, dan hampir 30 warga sipil tewas di seantero Suriah.
XS
SM
MD
LG