Tautan-tautan Akses

Surat-Kabar Nikkei: Obama akan Kunjungi Hiroshima


Sebuah bangunan yang hancur di Hiroshima Peace Memorial Park, 11 April 2016. (P. Dockins/VOA)

Sebuah bangunan yang hancur di Hiroshima Peace Memorial Park, 11 April 2016. (P. Dockins/VOA)

Surat kabar terkemuka Jepang mengatakan Presiden Amerika Barack Obama akan mengunjungi Hiropshima ketika ia berada di Jepang bulan depan untuk menghadiri pertemuan puncak G-7.

Persinggahan di Hiroshima akan membuat Obama menjadi Presiden Amerika pertama yang mengunjungi kota yang pernah hancur akibat bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika ke kota itu, dan membawa berakhirnya Perang Dunia Kedua. Pemboman Hiroshima menewaskan kira-kira 140 ribu orang. Tiga hari kemudian, Amerika menjatuhkan bom yang kedua ke kota pelabuhan Jepang Nagasaki, yang menewaskan 70 ribu orang.

Harian business Nikkei hari Jumat, dengan mengutip sumber yang tidak disebut namanya di Amerika, mengatakan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan menyertai Obama di Hiroshima.

Sumber yang tidak menyebut namanya itu memberitahu Nikkei, Washington dengan resmi memberitahu Jepang awal bulan depan mengenai rencana Obama berkunjung ke Hiroshima.

Obama ditanya hari Jumat pada jumpa pers bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron di London mengenai kunjungan ke Hiroshima. Ia memberitahu wartawan agar menunggu sampai ia berkunjung ke Asia sebelum menanyakannya tentang Asia.

Sementara itu, Sekertaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan berita mengenai Obama pergi ke Hiroshima tidak benar. Namun, ia menambahkan sangat penting bagi Jepang agar para pemimpin dunia berkunjung ke Hiroshima untuk memahami kenyataan penderitaan yang diakibatkan bom atom.

Sebelumnya bulan ini, John Kerry menjadi menteri luar negeri Amerika yang pertama berkunjung ke Hiroshima.

Kerry mengatakan pameran di Museum dan Tugu Perdamaian di Hiroshima sangat memedihkan perasaan dan siapapun hendaknya melihatnya. [gp]

XS
SM
MD
LG