Tautan-tautan Akses

Surat Kabar China Kembali Terbitkan Permohonan Pembebasan Wartawannya


Perusahaan konstruksi "Zoomlion", saat berpartisipasi dalam pameran peralatan dan teknologi komunikasi di Beijing, 15 Mei 2013 (Foto: dok).

Perusahaan konstruksi "Zoomlion", saat berpartisipasi dalam pameran peralatan dan teknologi komunikasi di Beijing, 15 Mei 2013 (Foto: dok).

Surat kabar China "New Express" kembali mengeluarkan permohonan yang menyerukan pembebasan salah seorang wartawannya yang ditangkap pemerintah di halaman depan, Kamis (24/10).

New Express dalam dua hari ini telah mengeluarkan permohonan di halaman depan, yang menyerukan pembebasan salah seorang wartawannya yang ditangkap karena mengungkapkan dugaan korupsi di sebuah perusahaan milik negara.

Chen Youngzhou ditahan atas tuduhan “merusak reputasi sebuah perusahaan” setelah menulis serangkaian laporan dalam surat kabar China tersebut, yang mengklaim bahwa perusahaan konstruksi Zoomlion secara tidak benar memperbesar labanya.

Zoomlion, yang terdaftar di bursa saham Hong Kong dan Shenzhen, melaporkan laba sebesar $7,6 milyar tahun lalu. Sejak penangkapan Chen diberitakan secara luas di media internasional hari Rabu (23/10), harga saham Zoomlion turun hampir enam persen.

Polisi telah mengatakan kepada media pemerintah bahwa Chen merekayasa fakta tentang keuangan Zoomlion dalam laporannya, yang ditulis antara bulan September tahun lalu dan bulan Agustus 2013.

Polisi tidak banyak memberikan rincian mengenai tuduhan tersebut. Surat kabar itu mengatakan pihaknya telah menyelidiki laporan tersebut dan menemukan hanya satu kesalahan kecil.
XS
SM
MD
LG