Tautan-tautan Akses

Surabaya Terima Penghargaan MURI untuk Tarian Buku

  • Petrus Riski

Tarian Buku memperingati Hari Buku Nasional. (VOA/Petrus Riski)

Tarian Buku memperingati Hari Buku Nasional. (VOA/Petrus Riski)

Kota Surabaya membukukan prestasi dengan menerima piagam penghargaan MURI, dengan menggelar Tarian Buku memperingati Hari Buku Nasional yang diperingati pada 23 April.

Sebanyak 1.022 penari dari Sekolah Dasar seluruh Surabaya menarikan tarian kreasi baru berjudul Tari Buku di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (20/4), untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya pelajar untuk semakin gemar membaca buku.

Sebanyak 1.022 orang siswa dari Sekolah Dasar seluruh Surabaya memadati halaman Balai Kota Surabaya di Taman Surya, Minggu (20/4), untuk memecahkan rekor MURI (Musium Rekor Dunia Indonesia) dengan Menari Buku memperingati Hari Buku Sedunia.

Penghargaan MURI menurut Manajer MURI Sri Widayati, tercatat sebagai rekor MURI ke 6.437, yang berkaitan dengan peringatan Hari Buku Sedunia. Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kota Surabaya, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, dan kepada Trini Hariyanti, selaku pemrakarsa, penyelenggara dan pendukung Tari Buku 1.000 penari.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan mengatakan, peserta tarian buku merupakan siswa-siswi Sekolah Dasar seluruh Surabaya, yang menari dengan membawa buku pelajaran masing-masing seolah sebagai kipas di tangan.

Ikhsan menambahkan, dengan Tari Buku yang merupakan momentum peringatan Hari Buku Sedunia, anak-anak dan masyarakat secara umum semakin gemar membaca buku sebagai sumber ilmu dan pengetahuan untuk kehidupan. Meski saat ini merupakan era internet dengan perkembangan teknologinya, Ikhsan yakin minat baca buku masih cukup tinggi dikalangan para pelajar secara khusus.
XS
SM
MD
LG