Tautan-tautan Akses

AS

Suhu Sangat Panas Terasa di Seluruh AS


Seorang pria memanfaatkan air mancur untuk mendinginkan diri di hari yang panas di Manhattan, New York, Sabtu (23/7).

Seorang pria memanfaatkan air mancur untuk mendinginkan diri di hari yang panas di Manhattan, New York, Sabtu (23/7).

Suhu udara hingga 40 derajat Celsius diperkirakan akan terasa di sejumlah daerah di Amerika hingga hari Senin (25/7).

Suhu udara di Amerika saat ini sangat panas dan pakar-pakar cuaca mengatakan wilayah di belahan utara akan mengalami suhu yang lebih panas dibanding biasanya selama setidaknya dua bulan mendatang – atau sepanjang musim panas – hingga musim gugur.

The National Weather Service telah mengeluarkan peringatan suhu sangat panas di sebagian besar wilayah Amerika, mulai dari North Dakota hingga ke negara-negara bagian di tengah dan selatan.

Pakar cuaca menyalahkan kondisi ini pada “heat dome” atau “kubah panas” di Amerika, yaitu sistem tekanan tinggi yang memerangkap suhu panas dan lembab dalam jumlah besar yang menimbulkan panas terik di permukaan bumi.

Zona udara sangat panas itu mencakup Philadelphia, di mana konvensi nasional Partai Demokrat akan dilangsungkan mulai Senin (25/7). Beberapa pejabat telah mengingatkan siapapun yang ingin menggelar demonstrasi di luar arena konvensi supaya hati-hati, minum banyak air dan tidak berkemah di dekat lokasi konvensi.

Tim medis akan siap siaga merawat siapapun yang terpapar udara panas ini.

Suhu udara hingga 40 derajat Celsius diperkirakan akan terasa di sejumlah daerah hingga hari Senin (25/7). Kelembaban tinggi akibat air yang sangat panas di Teluk Meksiko akan membuat cuaca lebih tertekan lagi.

Hampir semua kecuali satu dari 48 negara bagian di Amerika mengalami suhu udara 32 derajat Celsius atau lebih tinggi pada hari Jum’at (22/7). Negara bagian Washington di pantai Pasifik merupakan satu-satunya negara bagian yang tidak terpapar udara panas, demikian pula Hawaii dan Alaska yang letaknya sangat jauh.

Badai petir di sejumlah daerah mungkin akan membantu – meski hanya sebentar – dan berbahaya bagi orang, ternak dan tanaman. Pakar-pakar mengatakan suhu udara di atas normal di Amerika ini diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober. [em]

XS
SM
MD
LG