Tautan-tautan Akses

AS

Suhu Udara Mulai Menghangat di Amerika


Warga AS di kota New York diterpa suhu membeku hari Selasa (7/1), namun suhu udara kembali menghangat beberapa hari mendatang.

Warga AS di kota New York diterpa suhu membeku hari Selasa (7/1), namun suhu udara kembali menghangat beberapa hari mendatang.

Setelah menggigil kedinginan dalam beberapa hari terakhir, rakyat Amerika mulai bernapas lega karena suhu diharapkan mulai menghangat.

Setelah menggigil kedinginan dalam beberapa hari terakhir, rakyat Amerika mulai bernapas lega karena suhu diharapkan mulai menghangat di kawasan barat-tengah hari Kamis dan di pantai timur menjelang akhir pekan ini.

Berakhirnya cuaca beku ditambah angin sangat dingin itu juga disambut oleh industri penerbangan, yang terpaksa menunda lebih dari 11.000 penerbangan dalam empat hari terakhir.

Cuaca buruk itu juga mengganggu jaringan kereta api dan memaksa penutupan ribuan sekolah. Sedikitnya 20 orang meninggal di seluruh Amerika karena suhu dingin itu.

Kemarin, suhu di ke-50 negara bagian atau bagian-bagiannya berada dibawah titik beku. Suhu di Hawaii yang biasanya hangat, mencapai enam derajat di bawah nol Celcius di atas gunung tertinggi di kepulauan itu.

Cuaca sangat dingin itu disebabkan apa yang disebut pakar cuaca sebagai “polar vortex”, atau udara dingin yang padat yang didorong ke arah selatan dari Kanada oleh arus angin yang disebut “jet stream.”
XS
SM
MD
LG