Tautan-tautan Akses

AS

Suhu Sangat Dingin Landa Sebagian Besar Wilayah AS


Arus udara sangat dingin membuat suhu di beberapa negara bagian anjlok, yaitu -25 Celsius di North Dakota, -31 Celsius di Minnesota dan -15 Celsius di kota Indianapolis dan Chicago.

Suhu sangat dingin yang belum pernah terjadi dalam puluhan tahun melanda kawasan Midwest, Pantai Timur dan Selatan Amerika, menyebabkan kondisi perjalanan yang berbahaya dan memicu penutupan sekolah dan gereja.

“Polar Vortex” atau arus sangat dingin yang bertiup dari Kutub Utara akan menimbulkan dampak pada warga di separuh benua Amerika, dari negara bagian Montana hingga ke negara bagian Alabama.

“Polar Vortex” akan membuat suhu di beberapa negara bagian anjlok, yaitu -25 Celsius di Fargo North Dakota, -31 Celsius di International Falls Minnesota dan -15 Celsius di Indianapolis dan Chicago.

Ribuan sekolah tutup di Amerika Serikat bagian Timur dan Selatan, Selasa, karena cuaca dingin yang parah memasuki kawasan itu setelah sebelumnya membekukan Amerika bagian Tengah.

Para peramal cuaca mengatakan, suhu akan menurun hingga di bawah minus 10 derajat Celsius di Washington D.C., New York, Philadelphia dan Boston, sementara angin dingin membuat suhu di wilayah itu terasa jauh lebih rendah.

Cuaca yang sangat dingin ini juga menjangkau wilayah-wilayah yang biasanya memiliki suhu yang moderat pada musim dingin, termasuk Florida dan Texas bagian Selatan.

Pihak berwenang memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah untuk menjaga keselamatan para pelajar dari ketereksposan pada suhu dingin, yang bisa mengakibatkan serangan kebekuan dalam hitungan menit jika kulit terpapar pada suhu itu.

The National Weather Service hari Minggu melaporkan suhu di Bismarck North Dakota sudah mencapai -9 Celsius, sementara di Duluth Minnesota mencapai -21 Celsius. Pada puncak suhu dingin itu, arus angin bisa mencapai -50 hingga -70 Celsius. Suhu sedingin itu bisa menimbulkan frostbite atau radang dingin dan hipotermia dalam waktu beberapa menit.

Salju juga diperkirakan turun di sebagian besar kawasan Midwest dan Pantai Timur, dari Michigan hingga Kentucky.

Cuaca buruk ini telah menimbulkan masalah Minggu pagi ketika sebuah pesawat Delta 4100 dari Toronto yang membawa 35 penumpang tergelincir di bandara John F. Kennedy New York. Otorita bandara terpaksa menghentikan seluruh operasi penerbangan selama beberapa jam.

Minnesota telah mengumumkan akan menutup seluruh sekolah publik hari Senin, penutupan sekolah pertama dalam 17 tahun. Kebijakan serupa diambil kota-kota di Wisconsin.

Sementara pertandingan NFL antara Packers melawan San Francisko 49ers di Lambeau Field Green Bay bisa jadi merupakan satu-satunya pertandingan yang digelar pada suhu sangat dingin, yaitu -2 Celsius. Beberapa pakar menyarankan para fans untuk mengenakan setidaknya tiga lapis pakaian dan minum air hangat bukan alkohol.
XS
SM
MD
LG