Tautan-tautan Akses

Sudan Utara, Selatan Hampir Capai Kesepakatan soal Abyei


Pemimpin Sudan selatan Salva Kiir (kiri) dan Presiden Sudan utara, Omar Hassan al-Bashir (foto: dok.). Kedua pemimpin hampir mencapai kesepakatan di Addis Ababa.

Pemimpin Sudan selatan Salva Kiir (kiri) dan Presiden Sudan utara, Omar Hassan al-Bashir (foto: dok.). Kedua pemimpin hampir mencapai kesepakatan di Addis Ababa.

Dalam pembicaraan di Ethiopia, pemimpin utara dan selatan hampir mencapai kesepakatan untuk menarik pasukan dari Abyei yang disengketakan.

Kedua presiden Sudan utara dan selatan hampir mencapai kesepakatan untuk menarik pasukan keluar dari kawasan perbatasan Abyei yang disengketakan sebelum selatan memisahkan diri tanggal 9 Juli.

Wartawan VOA Peter Heinlein melaporkan bahwa pemimpin utara Omar al-Bashir dan pemimpin selatan Salva Kiir memulai pembicaraan hari Minggu di ibukota Ethiopia, Addis Ababa.

Ia melaporkan keduanya bertemu sebuah panel tingkat tinggi Uni Afrika, termasuk Perdana Menteri Ethiopia Meles Zenawi dan mantan presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki. Pembicaraan dijadwalkan berlanjut hari Senin.

Mbeki mengatakan kedua pihak juga mendiskusikan kemungkinan menggelar pasukan perdamaian pimpinan Ethiopia ke perbatasan utara dan selatan itu.

Pasukan utara bulan lalu mengambil alih Abyei yang kaya minyak, dan memicu puluhan ribu warga di sana meninggalkan rumah mereka.

Juga hari Minggu, Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon mendesak semua pihak menghentikan kekerasan disana, selagi ia menyambut pembicaraan di Addis Ababa.

Secara terpisah, tentara utara telah bertempur melawan kelompok-kelompok bersenjata di negara bagian Kordofan Selatan selama lebih dari seminggu. Hari Minggu, militer utara membantah laporan bahwa dua pesawatnya ditembak jatuh di Kordofan selatan.

XS
SM
MD
LG