Tautan-tautan Akses

Sudan Utara dan Selatan Sepakati Persetujuan Soal Kawasan Abyei


Perwakilan dari Sudan Utara dan Selatan menandatangani perjanjian mengenai kawasan kaya minyak Abyei di Addis Ababa, Ethiopia (20/6).

Perwakilan dari Sudan Utara dan Selatan menandatangani perjanjian mengenai kawasan kaya minyak Abyei di Addis Ababa, Ethiopia (20/6).

Persetujuan di Addis Ababa itu menyepakati demiliterisasi penuh dan penempatan pasukan perdamaian dari Ethiopia di kawasan Abyei.

Perunding untuk Sudan utara dan selatan telah mencapai persetujuan bersejarah tentang masa depan kawasan kaya minyak Abyei tiga minggu sebelum Sudan selatan merdeka.

Pejabat menandatangani persetujuan itu Senin di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, setelah berlangsung perundingah yang alot selama berhari-hari. Perundingan itu dipimpin presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki. Persetujuan itu menyepakati demiliterisasi penuh dari Abyei dan penempatan pasukan perdamaian dari Ethiopia.

Utara dan selatan juga sepakat untuk membentuk sebuah dewan untuk mengawasi keamanan di Abyei.

Mbeki mengatakan kepada reporter bahwa persetujuan ini melapangkan jalan bagi kembalinya puluhan ribu orang-orang yang mengungsi. Pembicaraan tentang status akhir Abyei akan diselenggarakan setelah Sudan selatan menjadi merdeka pada 9 Juli.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan Amerika menyambut gembira persetujuan ini serta mendesak semua pihak untuk segera menterjemahkannya kedalam keamanan konkrit dan perbaikan kondisi kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG