Tautan-tautan Akses

Sudan Tolak Tim PBB yang Selidiki Dugaan Perkosaan Massal


Para personel dari misi PBB-Uni Afrika di Darfur, Sudan atau UNAMID (foto: dok).

Para personel dari misi PBB-Uni Afrika di Darfur, Sudan atau UNAMID (foto: dok).

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan penyelidik dari misi PBB-Uni Afrika di Darfur ditolak masuk di sebuah pos pemeriksaan di desa Tabit di Darfur Utara hari Selasa (4/11).

Pasukan perdamaian PBB mengatakan militer Sudan melarang mereka masuk ke sebuah wilayah Darfur di mana 200 anak dan perempuan dewasa diduga diperkosa akhir pekan lalu.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan personil dari misi PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID) ditolak masuk di sebuah pos pemeriksaan ketika hendak menuju desa Tabit di Darfur Utara hari Selasa (4/11).

Radio Dabanga, stasiun yang memancarkan siaran ke Darfur, melaporkan bahwa tentara pemerintah Sudan memperkosa para perempuan itu di Tabit selama delapan jam mulai Jumat malam.

Stasiun radio yang bermarkas di Belanda itu – yang mengutip seorang tetua desa – mengatakan komandan militer lokal sebelumnya memerintahkan warga Tabit untuk pergi mencari seorang tentara yang hilang dari garnisunnya.

Stasiun itu mengatakan komandan itu kembali mendatangi desa tersebut hari Senin dan berusaha meminta maaf atas tindakan para tentara itu, tetapi ditolak warga.

Darfur masih bergejolak 10 tahun setelah masa terparah perang antara pemerintah Sudan dan kelompok-kelompok pemberontak. Bentrokan berskala kecil masih berlanjut, dan lebih dari dua juta orang masih mengungsi.

XS
SM
MD
LG