Tautan-tautan Akses

Sudan Tarik Pasukan dari Kawasan Sengketa Abyei


Sudan menarik mundur pasukannya dari kawasan sengketa Abyei hari Selasa (29/5).

Sudan menarik mundur pasukannya dari kawasan sengketa Abyei hari Selasa (29/5).

Sudan dilaporkan telah menarik mundur pasukannya dari kawasan sengketa Abyei hari Selasa, tidak lama setelah perundingan damai dimulai kembali dengan Sudan Selatan.

Media Center Sudan yang terkait dengan pemerintah mengatakan pasukan telah menyerahkan fasilitas di Abyei kepada pasukan pemelihara perdamaian PBB. Sudan Selatan menarik mundur pasukannya dari kawasan penghasil minyak itu awal bulan ini.

Sementara itu, para juru runding dari kedua negara telah memulai pembicaraan langsung mereka yang pertama sejak bentrokan lintas perbatasan berkobar akhir Maret.

Uni Afrika menengahi perundingan itu di Addis Ababa. Sudan dan Sudah Selatan terlibat sengketa sengit yang berawal dari kemerdekaan Sudan Selatan tahun lalu, umumnya terkait tapal batas dan minyak.

Berbicara kepada VOA sebelum perundingan baru itu, kepala perunding Sudan Selatan Pagan Amum mengatakan pihaknya telah kembali ke meja perundingan dengan pemikiran yang terbuka dan berharap Sudan akan melakukan upaya sejati untuk menyelesaikan isu-isu itu.
XS
SM
MD
LG