Tautan-tautan Akses

AS: Sudan, Sudan Selatan Ingin Hindari Perang Habis-Habisan


Utusan AS untuk Sudan, Princeton Lyman (foto: dok).

Utusan AS untuk Sudan, Princeton Lyman (foto: dok).

Amerika mengatakan Sudan dan Sudan Selatan ingin mencari cara untuk menghindari perang berskala penuh selagi bentrokan terus terjadi di perbatasan kedua negara itu.

Setelah pembicaraan dengan para pemimpin kedua negara, Utusan Khusus Amerika untuk Sudan Princeton Lyman memberitahu para wartawan hari Kamis bahwa kedua pihak menyadari betapa mahal harga yang harus dibayar jika perang itu terjadi.

Lyman mengatakan Sudan Selatan menginginkan jaminan sebelum menarik diri dari Heglig bahwa tidak akan ada lagi serbuan milisi yang didukung Sudan atau serangan bom, dan juga penarikan mundur tentara Sudan dari kota Abyei.

Luman mengatakan Khartoum secara prinsip menyetujui rencana itu, meskipun emosi sangat tinggi di masing-masing pihak dan ada ketidaksepakatan serius mengenai apa yang diperlukan untuk menghentikan konflik itu.

Hari Kamis, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan tindakan Sudan Selatan merebut ladang-ladang minyak di Heglig merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan negara tetangganya, Sudan. Dia meminta Sudan Selatan agar menarik mundur pasukannya dari wilayah perbatasan yang kaya minyak itu, yang diklaim oleh kedua negara.
XS
SM
MD
LG