Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Tuduh Sudan Lakukan Serangan Udara


Pasukan Sudan selatan dalam sebuah parade militer (foto: dok). Sudan selatan menuduh Sudan melakukan serangan udara di wilayahnya.
Pasukan Sudan selatan dalam sebuah parade militer (foto: dok). Sudan selatan menuduh Sudan melakukan serangan udara di wilayahnya.

Sudan Selatan menyatakan jet-jet Antonov buatan Rusia menjatuhkan beberapa bom di kota Jau hari Minggu, melukai sedikitnya empat orang.

Sudan Selatan menuduh Sudan melakukan serangan-serangan udara terhadap kota perbatasan yang disengketakan, hanya dua hari setelah kedua negara bertetangga itu menandatangani perjanjian untuk tidak saling menyerang.

Pihak berwenang di Sudan Selatan menyatakan jet-jet Antonov buatan Rusia menjatuhkan beberapa bom di kota Jau, hari Minggu, melukai paling sedikit empat orang.

Sudan Selatan mengklaim Jau berlokasi di dalam wilayah negara bagian Unity di negaranya, sedangkan Sudan menyatakan kota itu berada di wilayah negara bagian Kordofan Selatan.

Sengketa mengenai perbatasan dan minyak telah meningkatkan ketegangan antara kedua Sudan, dan para pemimpin kedua pihak menyatakan kedua negara dapat mengarah ke perang.

Hari Jumat, satu tim mediasi Uni Afrika membujuk kedua Sudan untuk menandatangani perjanjian nonagresi. Negara-negara itu saling menuduh pihak lain mendukung kelompok pemberontak pihak lawan, dan pihak Selatan menyatakan Sudan telah beberapa kali mengebom wilayahnya .

Uni Afrika mengadakan pembicaraan di Addis Ababa untuk menyelesaikan sengketa mengenai penghasilan dari minyak, sumber penghasilan terbesar kedua negara.

XS
SM
MD
LG