Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Tolak Pengerahan Pasukan PBB


Kendaraan pasukan PBB siaga di Juba, Sudan Selatan 25 Juli lalu (foto: dok).

Kendaraan pasukan PBB siaga di Juba, Sudan Selatan 25 Juli lalu (foto: dok).

Pemerintah Sudan Selatan menolak sebuah rancangan resolusi DK PBB yang akan menugaskan pasukan perlindungan regional ke Juba dan bagian-bagian lain di negara itu yang dilanda kekerasan.

Menteri Informasi pemerintah Sudan Selatan, Michael Makuei mengatakan pasukan semacam itu tidak bisa diterima jika berada di bawah misi PBB di Sudan Selatan/ UNMISS dan akan merongrong kedaulatan Sudan Selatan.

Amerika yang menyeponsori rancangan resolusi itu, yang sekarang sedang di bahas pada DK PBB di New York. Para kepala negara kelompok perdagangan regional /IGAD telah bertemu di Addis Ababa untuk membahas pasukan perlindungan regional yang diusulkan itu.

Di NY minggu lalu, DK PBB memperpanjang mandat pasukan UNMISS yang akan habis masa berlakunya Jumat ini. Para kepala negara IGAD dan mitra mereka membahas modifikasi mandat tersebut.

Termasuk dalam topik yang dibahas adalah apakah UNMISS harus diberi kekuasaan untuk mencegah pasokan langsung dan tidak langsung atau penjualan senjata dan pesawat ke kedua pemerintah atau kepada pasukan oposisi yang berjuang atas nama SPLA (Tentara Pembebasan Rakyat Sudan) bekas sayap militer partai politik yang sama.

Juru bicara pemerintah Michael Makuei mengatakan perluasan kekuasaan pasukan UNMISS tidak bisa diterima Sudan Selatan. [my/al]

XS
SM
MD
LG