Tautan-tautan Akses

Sudan Buka Kembali Perbatasan dengan Sudan Selatan


Presiden Sudan Omar al-Bashir (kanan) dan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir, pekan lalu menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik (foto: dok).

Presiden Sudan Omar al-Bashir (kanan) dan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir, pekan lalu menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik (foto: dok).

Presiden Sudan Omar al-Bashir telah memerintahkan lintasan perbatasan darat dan sungai dengan Sudan Selatan dibuka kembali

Presiden Sudan Omar al-Bashir memerintahkan pembukaan kembali perbatasan kedua negara, setelah perjanjian ditandatangani bulan lalu yang meredakan ketegangan antara kedua negara bertetangga itu.

Media milik pemerintah Sudan hari Minggu menyatakan Presiden Bashir "memerintahkan pembukaan semua pintu gerbang jalan raya atau sungai di perbatasan." Petunjuk itu disampaikan selagi Presiden Bashir bertemu dengan duta besar Sudan yang baru ke Sudan Selatan, Mutrif Siddiq, yang kemudian berangkat untuk menjalankan tugas-tugasnya di ibukota Sudan Selatan, Juba.

Presiden Bashir dan Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir, pekan lalu menandatangani kesepakatan mengenai keamanan dan kerjasama yang mereka puji untuk mengakhiri konflik di kedua negara.

Perang saudara selama 22-tahun utara-selatan menyebabkan ditandatanganinya kesepakatan damai 2005 dan kemerdekaan Sudan Selatan pada bulan Juli tahun lalu, tetapi ketegangan mengenai minyak dan isu-isu lain terus berlanjut.

Sementara itu, sebuah pesawat militer Sudan yang membawa peralatan dan personil ke Darfur, wilayah Sudan barat yang dikoyak pertikaian, hari Minggu jatuh di luar ibukota, Khartoum, menewaskan 15 orang dan melukai tujuh lainnya.

XS
SM
MD
LG