Tautan-tautan Akses

Sudan Bela Penumpasan Demonstran BBM


Para demonstran anti pemerintah melakukan aksi protes di Khartoum, Sudan (29/9). Protes anti kenaikan BBM memasuki minggu kedua.

Para demonstran anti pemerintah melakukan aksi protes di Khartoum, Sudan (29/9). Protes anti kenaikan BBM memasuki minggu kedua.

Pemerintah Sudan membela langkah penumpasan mematikan terhadap para pemrotes kenaikan BBM ketika demonstrasi memasuki minggu kedua.

Gubernur, Khartoum, Abdel Rahman al-Khidir, mengatakan dalam konferensi pers hari Senin bahwa polisi menembaki para pemrotes untuk mempertahankan kantor-kantor polisi.

Pihak berwenang mengatakan 34 orang tewas dalam demonstrasi itu, sementara kelompok HAM mengatakan sedikitnya 50 orang tertembak mati.

Menteri Dalam Negeri Sudan Ibrahim Mahmoud Hamed mengatakan foto-foto korban penembakan yang beredar di media-media sosial adalah palsu. Ia mengatakan sebagian besar foto-foto itu dari demonstrasi di Mesir.

Para wartawan dalam konferensi pers mengajukan pertanyaan tajam kepada menteri, hal yang jarang terjadi di Sudan. Seorang reporter bertanya, "Kenapa anda terus berbohong?"

Hari Senin (30/9), polisi menggunakan gas air mata lagi untuk membubarkan demonstran, kali ini melawan mahasiswi-mahasiswi Universitas Ahfad di Omdurman, kota-kembar Khartoum.
XS
SM
MD
LG