Tautan-tautan Akses

Suara Tembakan Terdengar di Pinggiran Utara Ibukota Tunisia


Aksi kekerasan dan pertempuran terjadi di ibukota Tunisia, Tunis, Minggu 16 Januari 2011.

Aksi kekerasan dan pertempuran terjadi di ibukota Tunisia, Tunis, Minggu 16 Januari 2011.

Kata media, pertempuran sedang berlangsung antara tentara Tunisia dan anggota pasukan pengawal Presiden yang setia pada Ben Ali.

Suara tembakan terdengar hari Minggu di pinggiran utara ibukota Tunisia, Tunis, dua hari setelah presiden Zine el Abidin Ben Ali dipaksa lari ke luar negeri.

Kata laporan pers, pertempuran sedang berlangsung antara unsur-unsur tentara Tunisia dan anggota pasukan pengawal presiden yang masih setia pada presiden Ben Ali yang terguling itu.

Kepala pasukan pengawal presiden itu ditangkap Minggu pagi atas tuduhan berkomplot untuk melawan pimpinan baru Tunisia.

Ketua parlemen Fuad Mebazza yang diambil sumpahnya sebagai presiden sementara kemarin, telah minta perdana menteri Mohammed Ghannouchi untuk membentuk pemerintahan kesatuan. Pemerintah baru itu diperkirakan akan diumumkan hari Senin ini.

Fuad Mebazza juga menyerukan diadakannya pemilihan umum dalam waktu dua bulan, tapi belum jelas bagaimana Tunisia bisa menyiapkan pemilihan umum setelah berada lebih dari dua dasawarsa dibawah pemerintahan otoriter.

Ben Ali dan keluarganya terbang ke Arab Saudi hari Jumat setelah terjadinya aksi protes jalanan berminggu-minggu untuk menentang korupsi dan pengangguran yang tinggi.

XS
SM
MD
LG