Tautan-tautan Akses

Studi Ungkap Bahaya Ikan yang Terpapar Sampah Plastik


Ikan-ikan perch di Laut Baltik (foto: ilustrasi).

Ikan-ikan perch di Laut Baltik (foto: ilustrasi).

Para ilmuwan semakin khawatir dengan dampak polusi plastik yang marak terhadap ekosistem laut.

Para ilmuwan untuk pertama kalinya memperlihatkan dampak fisiologis dan perilaku ikan yang terpapar potongan-potongan kecil sampah plastik yang memadati lautan di dunia.

Eksperimen-eksperimen laboratorium dengan larva ikan menunjukkan bahwa paparan terhadap partikel-partikel mikroplastik pada ikan di laut menghambat penetasan telur yang dibuahi, menghambat pertumbuhan larva, mengurangi tingkat aktivitas, dan membuat mereka lebih rentan pemangsa, meningkatkan angka kematian, menurut para peneliti, Kamis (2/6).

"Bagi saya, penemuan utama dan yang paling mengejutkan dari studi ini adalah fakta bahwa larva lebih memilih memakan partikel-partikel mikroplastik dan bulir-bulir mikro (microbead), mengabaikan sumber makanan alami zooplankton," ujar ahli biologi laut Oona Lönnstedt dari Uppsala University di Swedia.

Para ilmuwan semakin khawatir dengan dampak polusi plastik yang marak terhadap ekosistem laut. Studi ini merupakan yang pertama yang melihat dampak langsung partikel-partikel mikroplastik terhadap pertumbuhan ikan, ujarnya.

Riset ini diterbitkan jurnal ​Science. [hd]

XS
SM
MD
LG