Tautan-tautan Akses

Studi: Pria Makan Berlebihan untuk Pamer pada Wanita


Sebuah studi menunjukkan bahwa para pria sering makan berlebihan sebagai cara untuk pamer.

Sebuah studi menunjukkan bahwa para pria sering makan berlebihan sebagai cara untuk pamer.

Peneliti menemukan bahwa laki-laki yang makan bersama perempuan menyantap 93 persen pizza dan 86 persen salad lebih banyak dibandingkan jika makan bersama sesama pria.

Spesies jantan punya banyak cara untuk menarik perhatian pasangan. Beberapa memiliki bulu yang berwarna-warni, surai yang lebat atau otot yang menonjol. Tapi sebuah studi baru menunjukan bahwa untuk manusia, laki-laki berusaha menarik perhatian perempuan dengan makan berlebihan.

Menulis dalam jurnal Evolutionary Psychological Science, para peneliti Cornell University menemukan bahwa laki-laki makan pizza 93 persen lebih banyak dan salad 86 persen ketika ditemani perempuan dibandingkan dengan sesama laki-laki.

"Penemuan-penemuan ini menunjukkan bahwa laki-laki cenderung makan secara berlebihan untuk pamer. Kecenderungan ini juga dapat dilihat dalam kompetisi makan yang pesertanya hampir selalu kebanyakan laki-laki," ujar peneliti Kevin Kniffin, PhD, dari Cornell University.

Untuk studi tersebut, para peneliti mengamati 105 orang dewasa yang makan siang di restoran Italia prasmanan dan mencatat jumlah pizza dan salad yang dimakan. Mereka juga memperhatikan jenis kelamin teman makan mereka.

Saat mereka selesai makan, seorang peneliti mendekati mereka, meminta mereka mengisi formulir "untuk mengindikasikan tingkat kekenyangan setelah makan, serta perasaan buru-buru dan kenyamanan saat makan."

Tidak seperti laki-laki, perempuan cenderunt makan dengan jumlah yang sama apapun jenis kelamin teman makan mereka. Namun perempuan merasa mereka makan berlebihan dan diburu-buru ketika makan bersama laki-laki. [hd]

XS
SM
MD
LG