Tautan-tautan Akses

Studi: Perempuan Pemilik Kucing Rentan Bunuh Diri


Seorang perempuan memegang kucing, yang ternyata bisa menularkan parasit yang meningkatkan risiko bunuh diri. (Photo: VOA)

Seorang perempuan memegang kucing, yang ternyata bisa menularkan parasit yang meningkatkan risiko bunuh diri. (Photo: VOA)

Para peneliti menemukan bahwa perempuan pemilik kucing memiliki risiko lebih tinggi untuk bunuh diri dan terkena masalah kesehatan mental.

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang terinfeksi parasit Toxoplasma gondii (T. gondii) memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi untuk bunuh diri dibandingkan mereka yang tidak terinfeksi. Studi ini mengemukakan bahwa risiko ini meningkat lagi jika dalam darah orang tersebut memiliki tingkat antibodi terhadap parasit yang lebih tinggi.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 45.000 perempuan sebagai responden di Denmark dan diterbitkan secara daring di Archives of General Psychiatry.

Para peneliti yang melakukan studi tersebut mengatakan bahwa parasit tersebut menginfeksi sekitar satu dari tiga orang di seluruh dunia, namun gejala yang timbul biasanya tidak terlihat atau hanya sedikit. Parasit T. gondii tinggal dalam usus kucing. Orang bisa terinfeksi saat mengganti kotak tempat kotoran kucing, atau lewat makanan yang terkontaminasi atau tidak terlalu matang, sayuran yang tidak dicuci atau air yang tercemar.
XS
SM
MD
LG