Tautan-tautan Akses

Studi: Olahraga Bantu Turunkan Usia Kebugaran


Setiap pagi, Tony Diamond pergi ke taman dekat rumahnya untuk berjalan cepat selama satu jam. Ia juga pergi ke gym dua atau tiga kali seminggu untuk melatih ototnya. Kapten AL yang sudah pensiun itu telah memenangkan tiga medali pada National Senior Games 2015 untuk lomba jalan cepat dengan kategori usia 85 hingga 89.

“Usia saya 86 tahun dan usia kebugaran saya 44 tahun," ujarnya. “Saya rasa cukup baik karena saya banyak berolahraga. Saya mulai olahraga sejak masih kecil."

Helen White, atlet serba bisa yang memenangkan medali perak dalam olahraga pickleball, sejenis olahraga yang menyerupai tenis dan pingpong, pada National Senior Games 2015, juga berolahraga bola basket dan melatih kelompok warga senior.

“Umur saya 62 tahun dan usia kebugaran saya menunjukkan saya berusia 32 tahun," ujarnya. "Saya baru memutuskan lebih serius berolahraga ketika memasuki usia 50 tahun dan menjadikan hal itu sebagai kebiasaan sehari-hari saya."

White dan Diamond adalah beberapa di antara 5.000 peserta National Senior Games, kompetisi dua tahunan bagi atlet berusia lebih dari 50 tahun yang baru-baru ini diadakan di Minnesota, yang ikut dalam sebuah penelitian mengenai usia kebugaran.

Riset tersebut, yang dipimpin oleh Dr. Pamela Peeke dari Universitas Maryland dan berkoordinasi dengan Dr. Ulrik Wisloff dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, yang mengembangkan kalkulator kebugaran, menemukan bahwa usia kebugaran para atlet yang sudah tua, lebih muda 20 tahun daripada usia mereka sesungguhnya.

“Anda hanya perlu memasukkan data," ujar Peeke, menjelaskan bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan. "Kami menanyakan beberapa pertanyaan: usia Anda, tinggi badan, berat badan, seberapa sering Anda berolahraga, ukuran lingkar pinggang, detak jantung, tekanan darah, dan lain sebagainya. Lalu Anda tinggal menekan tombol, dan mengetahui usia kebugaran Anda.

“Uji coba seperti ini, penilaian usia kebugaran, sangat valid dan membantu kita memahami keuntungan dari badan yang bugar dan sehat," tambahnya, menjelaskan bahwa semua orang bisa menggunakan kalkulator yang tersedia online itu dengan gratis.

Peeke, seorang anggota direksi organisasi yang menyelenggarakan National Senior Games, mengatakan banyak peserta kompetisi tersebut yang baru mulai olahraga ketika memasuki usia yang tidak terlalu muda. Pada kompetisi yang mencakup berbagai jenis olahraga, mulai dari atletik hingga triathlon, usia rata-rata peserta adalah 68, walaupun usia kebugaran rata-rata mereka adalah 43.

"Tidak masalah berapa usia Anda," ujarnya. "Duapuluh, 25, 30 ... tidak penting, semua orang bisa menurunkan usia kebugaran kita, dengan merawat diri kita, terutama dengan kegiatan fisik."

Peeke mengatakan tidak ada kata terlambat untuk memulai berolahraga dan merasakan manfaatnya. [dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG