Tautan-tautan Akses

Ternyata Kangguru Liar Cenderung Kidal


Kangguru abu-abu di dekat Canberra, Australia.

Kangguru abu-abu di dekat Canberra, Australia.

Sebuah penelitian terhadap kanguru liar di Australia boleh jadi mematahkan gagasan bahwa penggunaan tangan dominan hanya ditemukan pada manusia dan primata lainnya.

Para ilmuwan dalam studi ini mengatakan hewan marsupial di Australia ini cenderung menggunakan tangan kiri mereka untuk makan, membersihkan tubuh dan aktivitas-aktivitas lainnya. Jadi bila kebanyakan manusia menggunakan tangan kanan sebagai tangan dominan, kebanyakan kangguru cenderung kidal.

Selain memberi informasi baru mengenai perilaku kangguru, penelitian tersebut juga mencatat sebuah aspek unik dari evolusi mamalia, menurut pelaku studi.

Hasil penelitian ini mengejutkan pelaku studi yang tidak berharap menemukan pola penggunaan tangan yang dominan pada kangguru maupun marsupial lainnya - sebutan bagi jenis mamalia yang berkantong - karena perbedaan susunan otak dengan mamalia berplasenta, seperti primata, menurut mereka.

"Studi apapun yang menunjukkan adanya 'tangan yang dominan' pada spesies berkaki dua sangat bermanfaat bagi studi simetri otak dan evolusi mamalia," ujar pakar ekologi satwa liar Janeane Ingram dari University of Tasmania di Australia, yang ikut serta dalam studi ini. "Bahkan di antara komunitas ilmuwan, penggunaan 'tangan dominan' diasumsikan hanya menjadi bagian dari evolusi manusia dan primata."

Kangguru adalah hewan herbivora yang memiliki kaki yang kuat, telapak kaki yang besar dan ekor yang berotot. Mereka berpindah tempat dengan melompat, dan posisi tegaknya memungkinkan mereka untuk dengan bebas menggunakan tangan mereka.

Para pelaku studi mengamati dua spesies kangguru dan sebuah spesies walabi - hewan semacam kangguru dengan ukuran tubuh lebih kecil - di daratan Australia dan pulau Tasmania di pesisir sebelah selatan.

Mereka menemukan bahwa dua spesies hewan berkaki dua, kangguru abu-abu dari timur, dan kangguru mereah, menunjukkan kecenderungan kidal dalam semua aktivitas, termasuk menunjang tubuh mereka dengan satu tangan bersama dengan dua kaki mereka.

Walabi berleher merah menggunakan tangan kiri untuk memetik daun dari pohon sementara memegang ranting dengan tangan kanan. Pola perilaku yang sama ditemukan pada dua spesies kangguru.

Riset yang didukung oleh National Geographic Society ini, diterbitkan dalam jurnal Current Biology.

XS
SM
MD
LG