Tautan-tautan Akses

Studi: Dua dari Tiga Orang Dewasa Tidak Melek Keuangan


Warga AS menduduki posisi ke-14 di dunia dalam daftar pemahaman keuangan.

Warga AS menduduki posisi ke-14 di dunia dalam daftar pemahaman keuangan.

Dua dari tiga orang dewasa di seluruh dunia tidak melek keuangan, menurut sebuah laporan yang diterbitkan Rabu (18/11).

Survei Gallup 2014 terhadap 150.000 orang di 148 negara meminta orang-orang menjawab pertanyaan tentang risiko, inflasi dan bunga majemuk.

Para peneliti dari World Bank dan Georgetown University menganalisa data tersebut, dan mendapati bahwa sebagian besar orang setidaknya salah menjawab separuh pertanyaannya yang diberikan. Pria umumnya mendapatkan nilai lebih baik daripada perempuan.

Responden di negara-negara Skandinavia mendapatkan nilai terbaik, sekitar tujuh dari sepuluh orang bisa menjawab dengan benar. Yaman, Albania dan Afghanistan menduduki posisi terbawah dengan hanya satu dari tujuh orang yang lulus tes.

Warga AS menduduki posisi 14, dengan 57 persen orang yang disurvei berhasil lulus tes. Bunga majemuk adalah topik yang paling menyulitkan bagi warga Amerika.

Para periset menyebutkan laporan itu sebagai penilaian global paling lengkap tentang pemahaman keuangan.

Ketrampilan keuangan memberikan keuntungan bagi kehidupan seseorang, menurut studi yang dilakukan oleh University of Kansas. Mereka yang memiliki ketrampilan tersebut lebih mampu mengatasi keadaan darurat keuangan dan tidak mempunyai hutang yang memberatkan. [dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG