Tautan-tautan Akses

Studi Baru Perlihatkan 1300 Benda Antariksa yang Diduga Planet


Pesawat antariksa Kepler milik NASA.

Pesawat antariksa Kepler milik NASA.

NASA mengumumkan Selasa (10/5) bahwa Teleskop Antariksa Kepler miliknya telah memvalidasi 1.284 planet diantara 4.300 benda berpotensi planet.

Badan Antariksa Amerika NASA mengatakan, pihaknya menemukan hampir 1.300 planet yang mengorbit bintang di luar sistem tata surya kita, dan sembilan diantaranya mengorbit pada jarak tepat dari bintangnya untuk mempertahankan kehidupan.

NASA mengumumkan Selasa (10/5) bahwa Teleskop Antariksa Kepler miliknya telah memvalidasi 1.284 planet diantara 4300 benda berpotensi planet.

Paul Hertz, direktur astrofisika NASA, mengatakan, penelitian ini penting untuk mengetahui apakah ada kehidupan di planet-planet lain.

“Hal ini memberi kami harapan bahwa di luar sana, di sekeliling bintang seperti kita, kita pada akhirnya bisa menemukan sebuah Bumi yang lain,” katanya.

Mengapa manusia mencari-cari planet yang mirip Bumi? Menurut Natalie Batalha, ilmuwan misi Kepler di Ames Research Center, California, “Melibatkan diri ke dalam proses penemuan seperti ini bisa mengubah manusia secara sangat mendasar.”

Kata Natalie, hal ini membantu manusia untuk menghargai kehidupan mereka sendiri dan juga Bumi. Menurutnya, hal ini membantu manusia berempati dengan orang lain. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG