Tautan-tautan Akses

Stevie Wonder Serukan Pesan Cinta


Stevie Wonder dalam sebuah konser di Philadelphia. (Foto: Dok)

Stevie Wonder dalam sebuah konser di Philadelphia. (Foto: Dok)

Di tengah masalah-masalah di dunia, musisi legendaris itu menyerukan para penggemarnya untuk memilih cinta, kebenaran, kebaikan dan harapan.

Stevie Wonder menyerukan para penggemarnya untuk memilih “cinta dibanding benci” dan menunjukkan kekhawatirannya atas masalah-masalah yang ada di dunia dalam konser yang menampilkan salah satu album klasiknya yang terkenal.

Musisi legendaris itu melangsungkan pertunjukan di Hyde Park hari Minggu (10/7), yang merupakan bagian dari festival British Summertime. Wonder membuka konsernya dengan mengatakan kepada para penggemar bahwa ia mencintai mereka semua dalam saat-saat sulit ini dan menyerukan kepada mereka untuk hidup secara positif.

“Saya mendorong Anda untuk memilih cinta dibanding benci. Ini cukup sederhana. Pilihlah cinta dibanding rasa benci, yang benar dibanding yang salah, kebaikan dibanding kejahatan. Berharap atau tidak berharap sama sekali," ujarnya.

Pemenang Grammy yang berusia 66 tahun lewat album “Songs in the Key of Life” tahun 1976 itu memainkan seluruh lagu dalam album tersebut pada konser itu.

Wonder mengatakan ia gembira album yang diluncurkannya hampir 40 tahun lalu masih tetap signifikan dengan situasi saat ini, tetapi ia juga sedih karena “lagu dan kata-kata yang ada dalam lagu ini menunjukkan bahwa kondisi itu masih terjadi dan ini melukai perasaan saya."

Wonder juga merujuk pada gerakan “Black Lives Matter” dan mengatakan kepada kerumunan massa bahwa “semua nyawa berharga tetapi alasan yang membuat saya mengatakan bahwa nyawa orang kulit hitam juga berharga karena kamilah warga asli dunia. Jadi sebenarnya setiap orang memiliki unsur kulit hitam dalam dirinya. Kita semua mewarisi jiwa itu jadi jangan menyangkal budaya tersebut."

Wonder yang tampil selama lebih dari dua jam di hadapan lebih dari 65.000 orang sekaligus menutup serangkaian festival British Summertime tahun ini. [em]

XS
SM
MD
LG