Tautan-tautan Akses

Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lain


Pakar ilmu fisika teoritis, Stephen Hawking duduk di atas panggung saat pengumuman inisiatif Starshot dengan investor Yuri Milner di New York, 12 April 2016. (Foto: dok).

Pakar ilmu fisika teoritis, Professor Stephen Hawking telah merevisi pernyataan yang dikeluarkannya tahun lalu bahwa manusia perlu pindah ke planet lain dalam waktu 1.000 tahun ke depan karena bumi tidak lagi akan bisa menampung jumlah manusia yang ada sekarang.

Dalam sebuah film dokumenter baru berjudul “Expedition New Earth” atau ekspedisi mencari dunia baru, yang akan disiarkan oleh BBC dalam waktu dekat ini, Hawking mengatakan “dunia akan senang kalau kita bisa menyiapkan koper-koper kita dan pergi ke planet lain tidak dalam 1.000 tahun, tapi dalam 100 tahun mendatang.”

Kalau manusia ingin bisa bertahan, katanya, mereka harus mencari planet lain, karena bumi tidak akan bisa didiami lagi karena perubahan iklim, kemungkinan terkena tabrakan asteroid, epidemi dan pertumbuhan penduduk yang pesat.

Professor Hawking, dalam film dokumenter Expedition New Earth itu minta bantuan pakar ilmu teknik, Danielle George dan mantan muridnya Christophe Galfard untuk mengetahui bagaimana manusia bisa pindah ke planet lain.

Kalau manusia terus tinggal di bumi, kata Hawking, kemungkinan mereka akan punah kalau terjadi peristiwa besar seperti tabrakan dengan asteroid yang terjadi 65 juta tahun yang lalu, yang memusnahkan hewan-hewan raksasa dinosaurus dan banyak jenis kehidupan lainnya. (ii)

(Sources: Newsweek, Washington Post, USA Today, CNBC)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG