Tautan-tautan Akses

Stasiun Antariksa Internasional Alami Kebocoran Amonia


Gambar Stasiun Antariksa Internasional (ISS) diambil dari Pesawat Ulang-Alik Atlantis (Foto: dok).

Gambar Stasiun Antariksa Internasional (ISS) diambil dari Pesawat Ulang-Alik Atlantis (Foto: dok).

Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) mengatakan telah terdeteksi kebocoran amonia di Stasiun Antariksa Internasional, namun tidak membahayakan para awak di dalamnya.

Para awak stasiun antariksa itu melaporkan kebocoran tersebut, Kamis (9/5), dengan mengatakan mereka melihat serpihan-serpihan putih melayang menjauhi stasiun itu. NASA mengatakan para awak menggunakan kamera genggam dan kamera televisi eksternal untuk mencari sumber serpihan tersebut.

Menurut NASA laju pelepasan ammonia itu itu meningkat sejak pertama kali dilaporkan, namun menambahkan bahwa stasiun itu berfungsi normal.

Ammonia digunakan untuk mendinginkan saluran-saluran penyedia listrik bagi sistem-sistem di stasiun itu. NASA mengatakan mereka sedang berusaha mengalihkan saluran-saluran listrik untuk mempertahankan operasi sepenuhnya sistem-sistem yang biasanya dikontrol panel surya yang bocor itu. NASA mengatakan panel surya itu bisa dihentikan fungsinya.

Stasiun tersebut pernah mengalami kebocoran serupa tahun lalu, namun tidak jelas apakah kebocoran itu berasal dari sumber yang sama.
XS
SM
MD
LG