Tautan-tautan Akses

Stasiun Antariksa Ditambah dengan Kamar Baru


Foto dari NASA ini menunjukkan ruang eksperimen baru yang di stasiun luar angkasa internasional, 28 Mei 2016.

Foto dari NASA ini menunjukkan ruang eksperimen baru yang di stasiun luar angkasa internasional, 28 Mei 2016.

Stasiun Antariksa Internasional telah menambah satu kamar baru yang unik.

Badan antariksa Amerika NASA telah berhasil memompa dan mengisi udara ke dalam satu kamar tambahan yang dipasang di luar stasiun itu.

Pemasangan memakan waktu kira-kira 7 jam hari Sabtu untuk mengembangkan kamar tersebut hingga mencapai kapasitas penuhnya. Sesudah dikembangkan sepenuhnya, panjang kamar tersebut 4 meter dan lebarnya 3,23 meter.

Beberapa pengetesan untuk menentukan kekuatan bangunan itu akan dilakukan sebelum awak stasiun antariksa diizinkan memasukinya pekan depan.

Di samping itu, NASA mengatakan pengetesan itu akan mengukur bagaimana kebaikan kamar yang dipompa melindunginya terhadap radiasi matahari, sampah antariksa dan suhu ektrim antariksa.

Manfaat kamar yang dipompa adalah penyimpanannya hanya memerlukan sedikit ruangan kalau dikempeskan, tetapi menyediakan ruangan tempat-tinggal dan bekerja yang lebih besar kalau dipompa.

Kamar tersebut yang dinamakan Bigelow Expandable Activity Module atau BEAM, dirancang oleh perusahaan Bigelow Aerospace, yang berbasis di Las Vegas. Perusahaan itu menerima kontrak $18 juta untuk merancang kamar ciptaan baru itu.

Usaha pertama untuk memompa BEAM hari Kamis tidak berhasil. Para ilmuwan yakin bahwa karena BEAM telah lama tersimpan dalam keadaan terlipat, materialnya mengalami kesulitan untuk mengembang. [gp]

XS
SM
MD
LG