Tautan-tautan Akses

Starbucks Buka Toko Pertama di Kolombia


Pembukaan toko Starbucks yang pertama di Bogota, Kolombia Rabu (16/7).

Pembukaan toko Starbucks yang pertama di Bogota, Kolombia Rabu (16/7).

Gerai kopi raksasa dunia Starbucks hari Rabu (16/7) membuka toko pertamanya di Kolombia, negara yang populer dengan kopi.

Starbucks hari Rabu (16/7) membuka toko pertamanya di Kolombia, negara yang populer dengan kopi, setelah perusahaan laris Amerika itu melayani miliaran peminum kopi diseluruh dunia selama puluhan tahun ini dengan memakai bijih kopi Arabika dari Kolombia.

Kafe kopi berlantai tiga di Bogota itu adalah yang pertama dari 50 kafe yang rencananya akan dibuka perusahaan asal negara bagian Seattle itu di Kolombia dalam lima tahun mendatang.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi menanam kopi di negara itu, ini adalah satu-satunya jaringan Starbucks diseluruh dunia yang menggunakan hanya kopi yang dipanen di Kolombia.

Federasi kopi Kolombia, yang juga pemilik hampir 200 kafe kopi lokal Juan Valdez yang populer, menyambut baik pesaing barunya itu. Mereka mengatakan hadirnya Starbucks akan semakin meningkatkan pasar kopi lokal meskipun mungkin penjualan mereka akan menurun dalam jangka pendek.

Sejak beroperasi 11 tahun lalu, Juan Valdez telah menyalurkan lebih dari 20 juta dollar ke dana nasional untuk mendukung 560.000 keluarga petani kopi di Kolombia yang sebagian juga memegang saham perusahaan itu.

Biarpun sudah membuka lebih dari 700 toko di 12 negara Amerika Selatan, Starbucks selama ini menghindari Kolombia – negara dengan ekonomi terbesar ketiga di kawasan itu. Ini karena Starbucks khawatir menyakiti perasaan warga lokal yang selama ini sudah kecewa karena petani kopi hanya meraih laba beberapa sen per latte yang dijual Starbucks seharga empat dollar.

XS
SM
MD
LG