Tautan-tautan Akses

AS

Stanford Universitas Paling Top di AS Versi Forbes


Seorang mahasiswi Stanford University bersepeda di kampus di Palo Alto, California. (Foto: Dok)

Seorang mahasiswi Stanford University bersepeda di kampus di Palo Alto, California. (Foto: Dok)

Stanford University di California menempati posisi teratas tahun ini, berkat tingkat retensi dan gaji awal lulusan yang tinggi.

Universitas-universitas di California mengalahkan universitas-universitas di Pantai Timur Amerika Serikat dalam daftar yang diumumkan majalah Forbes Rabu (24/7), dengan Stanford University dan Pomona College meraih dua tempat teratas.

Stanford, universitas riset dan pengajaran di Silicon Valley, California bagian utara, melompat dari posisi tiga tahun lalu ke posisi teratas tahun ini, berkat tingkat retensi yang tinggi dan gaji awal lulusan yang juga tinggi. Universitas ini memiliki 19.945 mahasiswa/i dan biaya kuliah tahunan US$58.846 (sekitar Rp 603 juta).

Pomona College, yang berukuran jauh lebih kecil dengan 1.586 mahasiswa/i dan biaya kuliah $57.041, ada di tempat kedua. Universitas tersebut, sekitar 50 kilometer ke arah timur Los Angeles, hanya memiliki program S1.

“Untuk pertama kalinya dalam enam tahun Forbes membuat daftar ini, dua sekolah teratas ada di pantai Pasifik,” ujar Forbes dalam artikel yang mendampingi daftar tersebut dalam www.forbes.com/top-colleges.

Princeton University di New Jersey, yang ada di posisi teratas tahun lalu, turun ke peringkat ketiga, diikuti oleh Yale University di Connecticut dan Columbia University di New York City.

Biaya kuliah di lima sekolah teratas itu berkisar antara $54.789 di Princeton sampai $61.640 di Columbia.

Forbes menyusun peringkat 650 universitas di AS, berdasarkan kalkulasi oleh Pusat Keterjangkauan dan Produktivitas Universitas, yang didasarkan pada kepuasan mahasiswa/i, keberhasilan pasca kelulusan, pinjaman mahasiswa, tingkat kelulusan dan penghargaan kompetitif nasional.

Massachusetts memiliki paling banyak sekolah di 10 besar dengan Harvard University pada No. 8, turun dari No. 6 tahun lalu, Williams College pada posisi kesembilan dan Massachusetts Institute of Technology pada No. 10.

University of California, Berkeley, yang berada pada peringkat 22, merupakan universitas negeri terbaik di AS. Duapuluh tiga sekolah negeri ada di 100 besar daftar ini.

“Universitas negeri terkemuka menawarkan pendidikan bagus dengan biaya jauh lebih rendah daripada universitas swasta. Karena lebih banyak mahasiswa tidak ingin berhutang, universitas negeri dapat dan akan lebih selektif,” tulis Forbes.

Di antara sekolah-sekolah ternama yang disebut Ivy League, Cornell University di New York melesat ke posisi 19 tahun ini dari No. 51 pada 2012. University of Pennsylvania ada di No. 11, Brown University di Rhode Island pada No. 12 dan Dartmouth di New Hampshire pada No. 16. (Reuters)
XS
SM
MD
LG