Tautan-tautan Akses

Standar Keselamatan Kereta Api Kanada Buruk


Reruntuhan gerbong kereta api yang keluar dari relnya di Lac-Megantic, Kanada Juli tahun lalu (foto: dok).

Reruntuhan gerbong kereta api yang keluar dari relnya di Lac-Megantic, Kanada Juli tahun lalu (foto: dok).

Laporan Dewan Keamanan Transportasi Kanada atau TSB hari Selasa (19/8) menyalahkan pemilik kereta api dan pihak berwenang karena buruknya standar keselamatan.

Penyelidikan akhir bencana maut kereta api di Kanada tahun 2013 menyalahkan pemilik kereta api dan pihak berwenang karena buruknya standar keselamatan.

Dalam laporan yang dirilis hari Selasa, Dewan Keamanan Transportasi Kanada atau TSB menyalahkan pemilik perusahaan kereta api itu, Montreal, Main and Atlantic Railway (MMA) karena “lemahnya faktor keselamatan”. Laporan itu juga menyebut kurangnya pengawasan oleh pejabat-pejabat keselamatan nasional menyebabkan kecelakaan itu.

Laporan itu mendapati 18 faktor yang turut menyebabkan bencana itu termasuk cara pengereman kereta yang tidak semestinya.

Masinis kereta itu meninggalkan 72 gerbong yang mengangkut minyak tanpa pengawasan di tanjakan. Kereta api itu meluncur ke kota Lac-Megantic di Quebec dan kemudian keluar dari jalurnya, meledak dan terbakar, sehingga menewaskan 47 orang dan meratakan 40 bangunan.

TSB juga menuduh badan pengatur transportasi Kanada tidak memeriksa perusahaan kereta api itu sebagaimana mestinya dan cukup sering untuk meningkatkan standar keamanannya.

Perusahaan kereta api MMA mengumumkan bangkrut tidak lama setelah bencana itu. Masinis kereta dan dua pejabat perusahaan kereta api itu menghadapi tuntutan pidana atas tuduhan kelalaian.

XS
SM
MD
LG