Tautan-tautan Akses

Stab In The Back

  • Irna Sinulingga

All About Idioms banner for the Indonesian Service

All About Idioms banner for the Indonesian Service

STAB IN THE BACK artinya: menikam dari belakang.

Halo dan , apa kabar semua sobat VOA di sini saya Irna Sinulingga dan Cole Mallard. Greetings from Washington.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum digunakan dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom terdiri dari sekumpulan kata yang tidak di bisa diterjemahkan secara harfiah jadi tak heran sering membuat bingung siswa kursus bahasa Inggris. Idiom yang jumlahnya ribuan juga sering dijadikan sebagai pengukur kefasihan bahasa Inggris seseorang. Salah satu di antara ribuan idiom yang kita dengar atau baca adalah... Cole?

Cole : STAB IN THE BACK sekali lagi STAB IN THE BACK

Irna: Artinya: mengatakan atau berbuat sesuatu yang tidak baik yang mencelakakan teman atau orang yang mempercayai kita, padannya menikam dari belakang. STAB ejaannya S-T-A-B artinya menikam, IN ejaannya I-N dan BACK ejaannya B-A-C-K disini artinya di belakang.

Sekarang kita simak contohnya dalam bentuk past tense menjadi STABBED HIS FRIEND IN THE BACK dalam kalimat berikut:

Cole: John stabbed his friend Bill in the back by telling lies about him. When Bill found out about the lies their friendship ends.

Irna: John menikam temannya Bill dari belakang dengan memfitnahnya. Ketika fitnah itu ketahuan oleh Bill, persahabatan mereka berakhir.



STABBED IN THE BACK juga bisa berarti tindakan atau dusta yang mencelakakan teman atau orang yang percaya pada kita, atau janji yang tidak ditepati khususnya kepada teman, seperti dalam conoth berikut:

Cole: John stabbed his own friend Bill in the back by stealing from his store. Bill didn’t know about it until it was too late. Now with all the money gone, Bill had to close the store.

Irna: Artinya: Bill merugikan Bill temannya sendiri dengan mencuri uang dari tokonya. Bill tidak mengetahuinya sampai sudah terlambat. Sekarang karena uang sudah lenyap, Bill terpaksa menutup tokonya.

Kita tadi telah membahas:

Cole: STABBED IN THE BACK sekali lagi STABBED IN THE BACK

Irna: Hanya sekian untuk hari ini. Terima kasih atas kebersamaan Anda.

Cole: Friends, that’s it for today. But we’ll be back tomorrow. Until then, so long and thanks for listening.
XS
SM
MD
LG