Tautan-tautan Akses

Gereja Katolik Angkat Kardinal Inggris Jadi Santo, Paus Pimpin Misa Pengangkatan


Kardinal Newman adalah salah seorang tokoh agama Anglikan terkemuka pada abad ke-19, yang beralih menjadi penganut Katolik.

Paus Benediktus memimpin misa hari Minggu di tengah taman terbuka di kota Birmingham, Inggris, di mana puluhan ribu jemaah menyaksikan Sri Paus memulai proses pengangkatan seorang kardinal menjadi orang suci.

Lebih dari 50.000 orang berkumpul di taman di tengah hujan untuk mengikuti misa pengangkatan Kardinal John Henry Newman sebagai santo. Kardinal Newman adalah salah seorang tokoh agama Anglikan terkemuka pada abad ke-19, yang beralih menjadi penganut Katolik. Newman meninggal dunia pada tahun 1890.

Paus kelahiran Jerman ini juga memanfaatkan acara ini untuk memperingati 70 tahun pertempuran Inggris pada Perang Dunia Kedua, yakni perang yang melibatkan Angkatan Udara Inggris menghadapi Luftwaffe Nazi, Jerman. Kegagalan Jerman menghancurkan pertahanan udara Inggris dianggap sebagai kekalahan besar pertama Nazi dalam perang itu.

"Tujuh puluh tahun kemudian, kita mengenang dengan rasa malu dan horor mengenai banyaknya korban tewas dan kehancuran yang diakibatkan perang," ujar Sri Paus. "Dan, kita perbaharui lagi tekad mengupayakan perdamaian dan rekonsiliasi, di manapun ancaman konflik membayangi," tambahnya.

Paus Benediktus kemudian dijadwalkan bertemu dengan para calon pastur, serta dijadwalkan meninggalkan London untuk mengakhiri lawatan empat harinya untuk kembali ke Vatikan pada hari Minggu malam.

XS
SM
MD
LG